Atalia Kukuhkan Omberko Ciayu Majakuning

0
Pngukuhan Omberko Cirebon Indramayu Majalangka dan Kuningan ( Ciayumajakunig), di Gedung Negara, Kota Cirebon.

JURNAL INSPIRASI – Organisasi Motor Bersatu Kompak (Omberko)  saat ini menjadi salah satu wadah bagi masyarakat yang hobi  akan motor di Jawa Barat.  

Atalia Praratya Ridwan Kamil

Omberko  merupakan salah satu organisasi motor yang tujuannya  punya  manfaat bagi masyarakat banyak dan punya program edukatif dan sosial.  Setiap anggota Omberko wajib hukumnya mematuhi semua aturan berlalu lintas.  

Menurut Ketua Dewan Pembina Omberko Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan, kegiatan yang tadinya sebagai hobi ini ternyata saat ini punya banyak manfaat.

BACA JUGA: Kota Bogor Miliki 14 Ribu Stok Vaksin

“Melalui Omberko ini bukan hanya sebatas hobi bermotor saja, namun banyak hal penting yang kami dapatkan seperti bisa melakukan kegiatan  sport, edukatif, sosial dan silaturahmi antar anggota dari semua unsur masyarakat ,” tegas Atalia Ridwan Kamil, seusai pelantikan  atau pengukuhan Omberko  Cirebon Indramayu Majalangka dan Kuningan (Ciayumajakunig), di Gedung Negara, Kota Cirebon,  Kamis, 11 November 2021

Dalam acara tersebut tampak hadir, Kadisdik Jawa Barat, Dedi Supandi,  Ketua Harian Omberko Jawa Barat,  Dadang Sufian Saefullah dan  Asep Anwar, SPd, MM selaku Sekum Omberko  Jawa Barat   

Saat ini, kata Atalia,  Omberko Jawa Barat sudah punya anggota kurang lebih dari 2100  anggota yang tersebar diberbagai daerah di Jawa Barat.

BACA JUGA: Raperda PDJT Dikembalikan ke Bapemperda

Semua anggota Omberko, sambungnya, wajib  atau harus mematuhi semua aturan berlalu lintas.  

“Omberko  harus menjadi organisasi motor yang bisa menjadi teladan dan sopan dijalanan. Omberko harus punya banyak manfaat bagi masyarakat,” tegasnya.

Atalia sendiri dikukuhkan sebagai Ketua  Dewan Pembina Omberko  pada tanggal 23 Oktober 2021 di SMK Negeri 2 Cibinong.

Sementara Itu,  Sekum  Omberko Jawa Barat,  Asep Anwar , SPd, MM mengatakan,  keberadaan Omberko tidak dibatasi oleh jenis motor.

Asep Anwar  menambahkan, semua orang yang punya motor bisa bergabung dengan Omberko. Namun semua anggota Omberko  wajib  mematuhi semua  dalam berlalu lintas.

BACA JUGA: Defisit Anggaran, Jabar Tolak Naikan Bantuan Keuangan ke Kota Bogor

“ Omberko ini wadah bagi penghobi motor dan bukan sebagai genk motor. Ini sebagai komunitas motor yang cinta akan tertib lalu lintas, mematuhi semua aturan lalu lintas.  Selain itu,  Omberko juga punya banyak program edukatif dan sosial,”  tegas Asep Anwar  yang juga tercatat sebagai Kepala Sekolah SMAN 3 Cibinong atau yang biasa disebut SMANTIC.

Awalnya, sambung Asep, mayoritas anggota Omberko adalah para guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Namun saat ini,  semua elemen masyarakat  umum  juga sudah banyak yang masuk jadi anggota Omberko.

BACA JUGA: Aplikasi Solid Milik Dinsos Kota Bogor Masuk 45 Top Inovasi Jabar

“Jenis motor juga tidak dibatasi, karena motor hanyalah sebuah sarana hingga semua orang bisa bergabung asalkan mau mematuhi semua aturan omberko salah satnya wajib mematuhi aturan lalu lintas dan selalu sopan dijalanan,” paparnya

Saat ini, tanbah Asep , anggota Omberko yang ada di Jawa Barat  sudah mencapai 2100  lebih dan yang paling banyak di Kabupaten Bogor  yang jumlahnya bisa mencapai 1500 an.

Rencananya, pekan depan Omberko untuk Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta akan segera dilaunching.

**as.pangrango

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here