Serbuan Vaksinasi, Relawan Nakes Wisma Atlet dan Babinsa Lakukan Jemput Bola

0
Petugas jemput bola vaksinasi kepada warga.

JURNAL INSPIRASI – Petugas tenaga kesehatan (Nakes) Wisma Atlet didampingi anggota TNI yang bertugas sebagai Babinsa Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, melaksanakan program jemput bola untuk melakukan vaksinasi kepada warga di tiga RW.

Melalui program serbuan vaksinasi, petugas Nakes yang berjumlah 5 orang didampingi Babinsa dan staf desa, tiba sejak pukul 08.00 WIB di Kampung Ciderum RW 09 dan langsung mempersiapkan alat kesehatan untuk melaksanakan vaksin.

Babinsa Desa Ciderum, Sertu Suyitno mengatakan, kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan dengan cara mendatangi perkampungan warga ini, bagian dari program serbuan vaksinasi.

BACA JUGA: Warga Kaget, Pengeboran Sumur Bor Semburkan Pasir

 “Sekarang polanya berbeda. Kami gunakan cara dengan mendatangi perkampungan warga atau istilah nya jemput bola,” ungkapnya kepada wartawan saat kegiatan vaksinasi massal di halaman Villa Orange, di Kampung Ciderum RW 09, Desa Ciderum, Senin (08/11).

Kegiatan vaksinasi massal dengan cara jemput bola, kata Suyitno, sangat membantu warga, baik dari transportasi maupun kenyamanan saat divaksin.

Namun, Suyitno, merasa belum puas dengan jumlah warga yang datang untuk divaksin. Sebab, dari jumlah 300 dosis vaksin jenis sinovac yang dibawa petugas Nakes, hanya 98 warga yang divaksin.

BACA JUGA: Warga Banar yang Disuntik Vaksin Didampingi Langsung Kepala Desa

 “Tapi Alhamdulillah nya warga yang datang untuk divaksin pertama. Walaupun ada beberapa warga saja yang divaksin kedua,” paparnya.

Suyitno menyadari, kegiatan vaksin yang digagasnya untuk warga di tiga RW khusus nya itu, dilaksanakan di hari yang kurang tepat. Karena, kebanyakan warga yang tadinya ingin divaksin, sedang bekerja dan tidak bisa ditinggalkan.

 “Hari Senin warga yang bekerja buruh pabrik atau kantoran, tidak bisa libur. Mungkin nanti akan kita lakukan lagi vaksinasi dengan cara jemput bola disini,” jelasnya.

Usai kegiatan vaksin pada pukul 13.30 WIB, Suyitno minta agar para pengurus wilayah baik itu RT dan RW, untuk segera melakukan pendataan warganya yang sudah maupun belum divaksin. “Biar kami tahu berapa jumlah warga yang belum divaksin dan sudah,” imbuhnya.

BACA JUGA: Rakit Terbalik, 1 Orang Hanyut di Sungai Cileungsi

Sementara, petugas Nakes Wisma Atlet yang merupakan tim vaksinator, Desi Yolanda menjelaskan, untuk mensukseskan program serbuan vaksin, tim relawan vaksinasi dari Wisma Atlet diturunkan ke wilayah pelosok untuk membantu warga yang belum divaksin.

 “Kami dari tim bataliyon 1 berjumlah 300 orang relawan diminta untuk turun ke Kabupaten Bogor dan tersebar di 40 kecamatan. Saya dan 6 relawan lagi, ditugaskan di wilayah Caringin,” paparnya.

Relawan Nakes asal Aceh itu pun menjelaskan, setiap tim yang sudah terbagi di wilayah Kabupaten Bogor, diberikan target setiap turun ke pelosok.

BACA JUGA: Marwan Pertanyakan Tindakan Dinas Terkait Pasar Citeureup

 “Sehari target kami 300 orang atau warga yang harus divaksin,” ujar wanita berhijab lulusan keperawatan tersebut.

Anggota BPD Desa Ciderum yang berdomisili di RW 09, Abdul Jalal mengapresiasi kegiatan vaksin yang dilakukan Babinsa dan petugas Nakes dari Wisma Atlet dengan cara jemput bola.

 “Sayangnya pelaksanaan vaksin massal ini di hari pertama kerja. Jadi banyak warga yang tidak bisa datang untuk ikut divaksin,” tukasnya.

**dedesuhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here