Pasar Cisarua Ditargetkan Selesai Tahun 2021

0

Cisarua | Jurnal Inspirasi

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor, menargetkan pembangunan tahap II Pasar Cisarua selesai pada akhir tahun 2021.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan  pada Disperdagin Kabupaten Bogor, Pedri Hariyanto mengatakan, saat ini pelaksana pembangunan pasar yang ada di kawasan wisata Puncak itu, sedang mengeber pengerjaan.

Pedri pun mengklaim progres pembangunan pasar Cisarua saat ini, sudah mencapai 60 persen lebih.

“Pembangunan terus berjalan, mudah-mudahan dapat selesai tepat waktu. Karena nantinya para pedagang yang dipinggiran jalan akan pindah kesitu,” katanya kepada wartawan saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Usai pembangunan pasar, lanjut Pedri, pihaknya akan membangun sejumlah sarana fasilitas lainnya. Seperti tempat parkir, WC umum serta beberapa yang lainnya. Sebab dalam DED pembangunan pasar tersebut tidak melingkupi sejumlah fasilitas.

“Karena yang bersumber dari APBD Provinsi itu kan hanya pembangunan pasarnya saja. Pembangunan selanjutnya nanti akan menggunakan APBD Kabupaten Bogor untuk pembangunan fasilitas pasarnya,” ujarnya.

Pembangunan Pasar Cisarua diketahuinya menghabiskan anggaran sekitar Rp35 miliar. Anggaran pertama dikucurkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada 2019, sedangkan pada 2021 bersumber dari program PEN yakni Rp25 Miliar.

“Nanti pada tahun anggaran 2022 kita berencana menganggarkan Rp1 M hingga Rp3 M untuk melengkapi fasilitas di pasar Cisarua tersebut,” paparnya.

Pedri mengungkapkan, setelah pembangunan selesai, maka akan diserahkan kepada Perumda Pasar Tohaga melalui Penyertaan Modal Pemerintah (PMP). Sebab Disperdagin sendiri tidak memiliki kewenangan untuk mengelola pasar.

“Kewenangan dinas hanya membangun. Untuk mengelolanya Perumda Pasar Tohaga. Nanti asetnya akan diserahkan oleh Pemkab Bogor kepada Perumda Pasar Tohaga,” tukasnya.

**dedesuhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here