Puluhan ODGJ di Nanggung Divaksin Covid

0

Nanggung l Jurnal Bogor

Puluhan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) binaan Yayasan Bina Tauhid Darul Miftahudin, Nanggung, Kabupaten Bogor divaksin Covid-19. Perlu kesabaran tinggi dari para petugas saat membujuk ODGJ saat pelaksanaan vaksinasi.

“Alhamdulillah, berkat kepedulian petugas kesehatan khususnya dari Puskesmas Nanggung, vaksinasi ini berjalan dengan baik,” ujar Ketua Yayasan Darul Miftahudin, Ropiudin Sukarta Dirdja disela-sela kegiatan vaksinasi yang digelar di halaman yayasannya tersebut, Kamis (30/9).

Sebanyak 58 warga binaan divaksin Sinovac dosis pertama sedangkan 12 lainnya diberikan vaksin Sinopharm untuk dosis kedua. Sementara total warga binaan yang ada, baik yang memiliki identitas maupun Orang Terlantar (OT) saat ini berjumlah 174 orang.

Menurut Ropiudin, upaya ini merupakan jemput bola Puskesmas Nanggung setelah sebelumnya beberapa warga binaannya mengikuti vaksinasi di tempat lain. Pihaknya pun mendukung meskipun di awal timbul pro dan kontrak mengenai program vaksinasi ODGJ.

Meski demikian, pihaknya menaruh harapan, pemerintah pusat maupun daerah terutama instansi yang terhubung dengan yayasannya memberikan dukungan balik. “Mohon dukungan baik fisik maupun secara moral dan sebagainya,” ucap Ropiudin.

Pasalnya, Yayasan Darul Miftahudin yang juga disebut Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di Desa Hambaro, Nanggung ini, telah melebihi kapasitas dari segi fasilitas. Yang seharusnya ruangan yang ada menampung 100 warga binaan, saat ini telah mencapai 174 orang. Artinya ini menjadi tantangan untuk kami dan untuk pemerintah daerah juga,” tandas Ropiudin.

** aripekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here