Anak Nia Daniaty Diduga Tipu Ratusan Korban Hingga Rp9,7 M

0
Nia Daniaty dan Olivia Nathania

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Anak penyanyi lawas Nia Daniaty, Olivia Nathania atau yang kerap disapa Oli bersama dengan sang suami berinisial RAF dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Pelaporan tersebut terkait dengan dugaan penipuan modus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang memakan korban sebanyak 225 orang dengan kerugian total mencapai Rp9,7 miliar.

Kuasa hukum dari para korban mengatakan, korban diiming-imingi akan mendapat peluang menjadi PNS melalui jalur prestasi. “Mereka awal sampaikan ada peluang PNS lewat jalur prestasi, mereka satu yang diberhentikan tidak hormat dan meninggal karena COVID-19. Itu yang buat mereka tertarik kasih uang ke OLI dan RAF,” kata kuasa hukum para korban Odi Hodianto dikutip dari Vivanews, Sabtu (25/9).

Menurut Odi, para korban juga sudah melakukan konfirmasi ke instansi BKN. Namun ternyata, tidak ada penerimaan PNS jalur prestasi dan penerimaan PNS karena dipecat tidak hormat ataupun meninggal karena COVID-19 seperti yang diiming-imingi OLI anak dari Nia Daniaty.

“Sudah, BKN nyatakan bahwa tidak ada yang namanya jalur prestasi dari 2019 sampai tahun 2021 apalagi dengan mengatasnamakan PNS dipecat tidak hormat dan meninggal dunia karena COVID-19,” kata dia.

Lebih lanjut Odi menjelaskan, para korban yang tertarik itu kemudian memberikan sejumlah uang mulai dari Rp25 juta hingga Rp165 juta baik secara tunai dan melalui transfer.

“Setelah uang itu diserahkan kepada OLI dan RAF, OLI menyerahkan surat pengangkatan dan SK yang dikeluarkan oleh BKN. Setelah menunggu lama sejak 2019 sampai 2021 di bulan Agustus kami memastikan SK BKN itu sah atau tidak?. Kami membuat laporan di Polda Metro Jaya dan masuk pasal tipu gelap dan pemalsuan surat,” jelas Odi.

Setelah dicek, ternyata tidak ada nama dari para korban di BKN tersebut. “Para korban sudah mendatangi BKN untuk mencari kebenaran mengenai program CPNS. Ternyata nama-nama korban tidak pernah ada,” kata Odi.

**ass/viva

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here