27.2 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Mr. Nanang Penjual Cincau yang Fasih 4 Bahasa Asing

Bogor | Jurnal Inspirasi

Bagi sebagian warga Bogor mungkin sudah tidak asing dengan Jalan Pajajaran, yang dimana sepanjang sisi jalannya terlihat para pedagang cincau yang menjajakan dagangannya. Namun dari sejumlah pedagang cincau tersebut ada yang berbeda, yakni salah satu penjualnya yang terkenal mahir menguasai bahasa Inggris.

Bahkan ketika ia melayani pembelinya pun terkadang berinteraksi dengan bahasa asing. Dia adalah Nanang Sukandar, pria berusia 55 tahun ini biasa dikenal dengan sebutan Mr. Nanang. Yang dimana beliau cukup viral beberapa tahun lalu karena daya tariknya ini.

Ia menceritakan awal mulanya fasih menguasai bahasa Inggris dengan belajar secara otodidak seperti membaca buku-buku dan mencoba melatih berbicara dengan bule atau turis mancanegara yang dahulu ramai berlibur ke Bogor.

Serta Nanang yang memang sedari dulu merasa tertarik dengan hal yang berbau dunia Internasional. Baik filfasatnya, pemikiran ataupun budaya dari lingkup Internasional.

“Memang sejak dulu saya sudah senang membaca, bahkan belajar bahasa inggris ini semua dari buku dan juga jaman saya masih sekolah saya suka hunting untuk bertemu turis mancanegara yang datang ke Kebun Raya gitu kan dulu masih ramai yah, jadi saya suka coba untuk berbincang dan ngobrol agar bahasa inggris saya dapat lebih fasih,” ujar Nanang kepada Jurnal Bogor.

Bahkan ia pun dapat menguasai 4 bahasa asing, yakni bahasa Inggris, bahasa Jerman, Bahasa Belanda, dan Bahasa Israel. Semua itu ia pelajari secara otodidak dengan merasa ingin mencoba untuk mempelajari bahasa asing lainnya.

Rupanya sebelum akhirnya berjualan cincau ini, beberapa tahun yang lalu ia sempat menjadi Tour Guide salah satu tour & travel yang bertempat di Bali. Kemudian akhirnya melanjutkan menjadi guru di salah satu SMP di Kota Bogor. Dan saat ini memutuskan untuk berjualan cincau karena ia ingin mengembangkan dunia usaha walaupun mulai dari yang terkecil.

Saat melayani para pembelinya pun ia selalu menyelipkan kalimat bahasa Inggris, bahkan ia selalu mengajak pembelinya berbicara dengan bahasa Inggris. Ia menambahkan bahwa ada beberapa pembelinya yang berasal dari luar wilayah Bogor seperti, Jakarta, Depok, Tanggerang, Bekasi bahkan ada pula yang kebetulan datang dari Lampung.

“Waktu itu ada yang kebetulan dari Bali datang ingin mencoba cincau ini dan menemui bapak, lalu ada juga yang berinteraksi sama bapak menggunakan bahasa Jerman. Karena kebetulan dia adalah salah satu alumni Universitas di Jerman,” tuturnya.

Anda dapat menemui Mr. Nanang ini mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB di pinggir jalan Pajajaran Kota Bogor.

**edfyraamelia-mg/up

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles