Mahasiswa UIKA Belajar Alat Musik Kesenian Sunda Selama KKN

0

Nanggung | Jurnal Inspirasi

Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor melakukan Kuliah Kerja Nyata selama tiga pekan di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. KKN sendiri adalah program wajib kampus yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir. 

Kali ini Desa Malasari adalah desa yang dipilih oleh kelompok untuk dijadikan tempat Bina Desa dalam program KKN tahun ini. Desa yang berada di perbukitan kaki Gunung Halimun ini ternyata banyak menyimpan sejarah dan kesenian, salah satunya adalah alat musik tradisional yang sampai saat ini masih dilestarikan oleh masyarakat setempat.

Saat hari pertama kedatangan, mahasiswa langsung dikenalkan, dan diajari kesenian alat musik tradisonal. Oleh masyarakat dengan antusias yang sangat luar biasa dari masyarakat yang mengajarkan.

Alat musik tradisonal ini biasanya dimainkan ketika ada acara adat seperti Seren Taun, dan acara lainya. Bukan hanya orangtua bahkan anak – anak yang duduk si sekolah dasar pun sudah mahir memainkan alat musik tradiosnal ini.

“Saya sangat senang jika ada pemuda apalagi dari kalangan mahasiswa yang ingin belajar alat musik tradisonal,” ungkap Ibu Cucu sebagai pemegang kesenian di Desa Malasari, Selasa (21/9).

Kedatangan mahasiswa ke masyarakat kata dia diakuinya sangat senang karena selain bisa mengajarkan kesenian tradisional sekaligus mahasiswa bisa menjadi wadah untuk melestarikan dan mengenalkan kepada masyarakat diluar Desa Malasari.

**Kkn-uika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here