Hidroponik, Hobi yang Positif Saat Pandemi

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Hobi bercocok tanam saat pandemi banyak dilakukan masyarakat untuk menghilangkan rasa jenuh dan penat selama pandemi Covid-19 tak kunjung usai. Ditambah pembatasan kegiatan masyarakat dimana segala aktivitas sehari – hari dilakukan di rumah, baik itu pekerja, pelajar, mahasiswa maupun lainnya.

Hobi yang satu ini terbilang cocok untuk segala usia, karena tetap bisa dilakukan disela waktu kesibukan sehari – hari. Selain mengasyikan, hobi ini juga membawa kepuasan tersendiri bagi para pecintanya, dengan melakukan kegiatan aktivitas ini dapat menghiasi sekitaran rumah menjadi lebih terlihat segar dan asri.

“Manfaatnya ya kepuasan sendiri sih, bisa lihat tanaman tumbuh subur, menikmati hasilnya dan bisa ngisi waktu luang juga” ujar Adel, salah satu mahasiswi yang tengah menekuni hobi hidroponik saat dimintai keterangan Jurnal Bogor, Jum’at (27/8).

Hidroponik adalah teknik bercocok tanam dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman, atau dalam pengertian sehari – hari bercocok tanam tanpa tanah. Dari pengertian ini terlihat bahwa munculnya teknik bertanam secara hidroponik diawali oleh semakin tingginya perhatian manusia akan pentingnya kebutuhan pupuk bagi tanaman.

Bercocok tanam dengan hidroponik bisa digunakan untuk mengakali masalah kekurangan lahan yang biasa dialami oleh masyarakat modern karena jumlah lahan yang semakin tahun semakin sempit, diharapkan hidroponik mampu menjadi manfaat untuk masa depan karena mampu diberdayakan dalam kondisi lahan sempit.

“Kayanya dimanapun bisa ya, di halaman rumah yang sempit juga bisa karena media tanamnya saya pakai paralon besar, fleksibel bisa juga di tempel ke dinding,” ujar Ibu Fenty, seorang ibu rumah tangga yang hobi hidroponik.

Bagi anda yang tertarik mencoba bercocok tanam hidroponik, baiknya mengetahui beberapa jenis tanaman yang cocok ditanam dengan teknik hidroponik, banyak jenis tanaman yang dapat ditanam dengan metode hidroponik dengan tanaman kecil hingga tanaman besar.

Namun untuk pemula disarankan untuk mencoba menanam beberapa jenis sayuran seperti brokoli, seledri, sawi hijau, bayam, cabai, dan tomat karena tergolong tanaman yang mudah untuk di tanam.

Selain itu untuk merawat tanaman hidroponik harus dilakukan dengan baik dan benar agar bisa mendapatkan tanaman yang sehat dan dapat tumbuh dengan baik.

“Susah – susah gampang sebenarnya ya, hanya perlu tekun, tempat hidroponik terkena sinar matahari, serta pemilihan bibit yang bagus, ini berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman,” ujar Adel lagi.

Sudah siap untuk mencoba bercocok tanam hidroponik?. Simak Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memulai diperlukan adalah yang pertama media tanam, ini bisa menggunakan spons, rockwoll, serbuk kayu, arang, serbuk kelapa atau sekam bakar.

Kedua adalah wadah penyimpan benih seperti net pot, gelas plastik, botol plastik atau wadah, lalu yang ketiga dibutuhkan sumbu, ini mencakup sumbu kompor, kain nilon dan flannel, yang terpenting benih yang akan ditanam.

** Yudha Rezky Diliantoro-mg/Up

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here