31.4 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

HUT RI ke -76, PKS Ziarah ke Makam Pejuang KH. Sholeh Iskandar


Cibinong | Jurnal Inspirasi

Momen peringatan ulang tahun kemerdekaan RI ke -76 untuk mengingat jasa-jasa pahlawan kemerdekaan dimanfaatkan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kabupaten Bogor, dengan melakukan ziarah kubur ke makan pejuang kemerdekaan Bogor, KH. Sholeh Iskandar.

“Ziarah kubur kemakam pejuang kemerdekaan KH. Sholeh Iskandar yang berlokasi di TPU Barengkok, Leuwiliang, dilaksanakan selepas melaksanakan upacara bendera,”kata Ketua DPD PKS Dedi Aroza, dalam keterangannya kepada Jurnal Bogor, Selasa (17/08).

Usai ziarah, kata Dedi, didampingi petinggi DPD PKS lainnya, seperti Sekretaris MPD, anggota Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bogor, Dadeng Wahyudi dan Atma, serta Ketua DPC PKS Kecamatan Leuwiliang Aziz Afandi, langsung menyambangi rumah keluarga besar almarhum. “Alhamdulillah, kedatangan kita disambut hangat H. Didi Hilman di perumahan Sindangbarang Asri Bogor,”ujarnya.

Seperti diketahui, KH Sholeh Iskandar, dikenang sebagai pejuang kemerdekaan yang banyak jasanya dalam mempertahankan kemerdekaan di wilayah Ciampea, Leuwiliang, dan Pamijahan. KH Sholeh Iskandar memimpin 1.000 pejuang pada Batalyon VI, dan meledakkan tank Belanda model Sherman. Kini tempat bersejarah itu dikenal sebagai Kampung Tank, Cibungbulang.

“Kami, ingin mendapatkan nasihat bimbingan dan semangat seperti halnya KH Sholeh Iskandar. Kunjungan itu memberi makna dalam perjuangan yang dilakukan oleh KH Sholeh Iskandar, yakni mempertahakan kemerdekaan dan menyatukan umat. Selaras dengan apa yang diungkapkan H. Didi Hilman menceritakan napak tilas KH. Sholeh Iskanda,”ujarnya.

Sementara itu, Didi Hilman mengatakan, terkenal bukan saja sebagai pejuang, namun beliau juga pemersatu umat. Agar berjuang bersama mempertahankan kemerdekaan. “Beliau juga perhatian dengan nasib umat dengan mendirikan BKSPP, Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Rumah Sakit Islam, dan Pesantren Pertanian Darul Fallah, Ciampea, “ paparnya.

Ketika diminta untuk memberikan nasihat bagi PKS, Didi Hilman berharap PKS dapat menyatukan umat dan menjadi kebanggaan umat; sebagaimana yang dilakukan KH Sholeh Iskandar pada masa itu. “PKS, dengan semangat muda mampu melakukan itu,” tegasnya.

Kunjungan diakhiri dengan pemberian plakat yang disampaikan Ketua DPD PKS Kabupaten Bogor, kepada Didi Hilman yang kini sehari-hari menjadi pengajar di Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

** Mochamad YUsuf

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles