Hujan Deras, Bojong Kulur Kembali Banjir

0
ist

Gunung Putri | Jurnal Inspirasi

Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor kembali diterjang banjir pada Senin (8/2). Dengan ketinggian mencapai 120 sentimeter, banjir menerjang 13 RW dengan total 1.932 rumah.

Menurut informasi yang dihimpun Komunitas Peduli Sungai Cileungsi dan Cikeas (KP2C), banjir terjadi terutama di wilayah perumahan Villa Nusa Indah 1 dan 2. “Air mulai masuk ke permukiman sekitar pukul 10.00 WIB, beberapa warga sempat dievakuasi dan mengungsi namun sekitar pukul 15.00 warga mulai kembali ke rumah masing-masing,” ungkap Ketua KP2C, Puarman.

Puarman menuturkan, curah hujan yang tak terkendali mengakibatkan Tinggi Muka Air (TMA) di hulu Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas naik. Sehingga TMA di pertemuan kedua sungai tersebut berstatus Siaga 1 atau mencapai 660 sentimeter.

Meskipun begitu, lanjut Puarman, banjir kali ini surut dengan cepat dan dapat diantisipasi dengan baik. 19 rumah pompa banjir yang telah beroperasi pun dapat membantu warga mempercepat proses pembersihan air banjir dan lumpur. “Pompa bisa meminimalisir 60 persen banjir, pasca banjir tinggal pembersihan lumpur, tidak ada korban jiwa hanya beberapa yang sakit,” jelas Puarman.

Selain ribuan rumah, beberapa fasilitas umum juga ikut terendam banjir seperti sekolah dan sarana ibadah.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here