34.2 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Bogor Barat Dilanda Bencana

Para Camat Minta Masyarakat Waspada

Nanggung | Jurnal Inspirasi

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor membuat beberapa kecamatan di Bogor Barat, Kabupaten Bogor dilanda bencana longsor. Seperti Kecamatan Dramaga, Tenjolaya, Nanggung dan Sukajaya. Sementara di Jasinga  satu rumah milik warga rusak pada bagian dapurnya diterjang derasnya sungai Cidurian.

Hal itu pun membuat para Camat di masing masing wilayah mengimbau masyarakatnya untuk selalu waspada karena cuaca ektrem yang masih terus terjadi. “Kepada masyarakat agar terus waspada . Dan diimbau untuk kepada desa dan RT tetap menjaga lingkungannya apalagi saat hujan deras seperti Minggu kemarin,” kata Camat Tenjolaya, Farid Maruf, Senin (8/2).

Ia menambahkan,  untuk di wilayah Tenjolaya akibat hujan deras membuat dua rumah warga rusak berat akibat longsor di Kampung Cimanggu, RT 01 RW 03 Desa Gunung Mulya dan longsor menutup jalan di Desa Gunung Malang dan sekarang sudah bisa dilalui pengguna jalan.

“Tidak ada korban jiwa, dua pemilik rumah itu Iwan dengan kerugian sekitar 30 juta, dan Acang mengungsi ke rumah saudaranya dengan total kerugian akibat longsor 20 juta rupiah, dan saat ini akan diajukan ke pihak BPBD Kabupaten Bogor,” kata Farid.

Sementara Camat Dramaga Ivan Pramudia juga mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Dramaga longsor terjadi di Kampung Cibeureum, Desa Petir. “Kejadian kemarin sore saat hujan deras, dan Senin pagi ini sedang dilakukan pembersihan material longsor oleh petugas dan masyarakat,” kata Ivan.

Ia pun mengimbau masyarakat tetap waspada, terutama masyarakat Desa Petir dan Purwasari. “Karena kedua desa itu zona merah rawan longsor,” kata Ivan.

Sedangkan Camat Nanggung AE Safuloh  juga telah mengimbau masyarakat di wilayah Nanggung untuk waspada terhadap cuaca yang saat ini sering terjadi hujan. “Masyarakat harus selalu waspada karena hampir sebagian wilayah Kecamatan Nanggung rawan terjadi bencana longsor,” kata Ae.

Intensitas hujan yang cukup tinggi pada Minggu (7/2) telah membuat jalan di Kampung Kopo Malasari tertutup longsoran tebing sepanjang sepuluh meter. “Beruntung tidak ada korban jiwa karena jauh dari pemukiman dan saat ini material longsor sedang dilakukan pembersihan menggunakan alat berat,” kata Camat Nanggung.

Sementara itu bencana longsor juga terjadi di Sipayung Sukajaya. Material longsor menutup jalan tersebut. Lalu di Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, satu rumah warga rusak diterjang luapan sungai Cidurian. Bahkan menurut pihak BPBD kabupaten Bogor 1 Kepala Keluarga  dengan 4 jiwa diungsikan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Dari pantauan saat ini, air di sungai Cidurian sudah sedikit surut, namun demikian masyarakat diimbau tetap waspada.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles