Tidak Khawatir Kekeringan, PDAM Buka Jaringan Baru Untuk Warga Ciderum

0

Caringin | Jurnal Inspirasi

Warga dua kampung di Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, tidak akan khawatir lagi terjadi kekeringan saat musim kemarau. Sebab, belum lama ini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, melakukan pemasangan pipa untuk mensuplai air kepada warga yang ada di dua kampung tersebut.

Ketua RW 09, Kampung Ciderum, Dede S mengatakan, pemasangan pipa PDAM Tirta Kahuripan ini, sangat dinantikan dan diinginkan warga semenjak dulu. “Alhamdulillah sekarang terealisasi,” ungkapnya kepada wartawan.

Dede mengungkapkan, di wilayah RW 09 yang terdiri dari 4 Rukun Tetangga (RT), keberadaan penduduknya sudah padat. Bahkan jumlahnya Kepala Keluarga (KK) di RW 09 mencapai sekitar kurang lebih 500. “Kalau di hitung jiwa, jumlahnya sudah pasti ribuan,” jelasnya.

Selama ini, lanjutnya, warga selalu kesulitan mendapatkan air bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, mulai dari masak, mandi dan lainnya saat musim kemarau.

Sehingga, kata Dede, warga terpaksa menggunakan air kali yang kondisi nya sudah mulai tercemar limbah, baik limbah sampah bekas rumah tangga maupun limbah cair yang berasal dari pabrik tahu dan penyulingan pala di Kampung Ciderum RW 01.

 “Mau bagaimana lagi, untuk mandi dan cuci serta kakus menggunakan air kali yang ada di perbatasan Kampung Ciletuh dan Ciderum,” papar Dede.

Adanya pemasangan pipa PDAM, sambung Dede, diharapkan bisa mengantisipasi terjadinya kekeringan ke rumah-rumah warga yang ada di Kampung Ciderum.

 “Mungkin dalam waktu dekat ini, warga akan mengajukan pemasangan pipa air ke rumahnya masing-masing. Kalau bisa, agar tidak terlalu memberatkan warga, biaya pemasangan sambungan baru ada kompensasi,” imbuhnya.

Sementara, petugas PDAM Tirta Kahuripan yang bertugas di Unit Ciawi, Sutisna menegaskan, apabila ada warga yang akan mendaftar untuk sambungan pipa PDAM, agar mengajukan persyaratan nya, mulai dari KTP, KK dan rekening listrik.  “Nanti kalau sudah selesai dilakukan pengetesan kualitas air, warga silahkan mendaftar,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here