Harga Daging Sapi Naik, Omset Pedagang Menurun

0

Leuwiliang | Jurnal Inspirasi

Harga daging sapi naik. Akibatnya, pedagang daging sapi di Pasar Leuwiliang, Kabupaten Bogor sudah hampir sepekan ini mengalami penurunan omset hingga 40 persen. Para pedagang mengaku naiknya harga daging  sapi yang biasa membelinya dengan harga  karkas Rp 90 ribu, kini setelah harga naik mencapai Rp 98 ribu sehingga membuat harga jual pun ikut naik.

“Sudah hampir sepuluh hari naik harga daging sapi bisanya kita jual dengan harga Rp 105 ribu, kini Rp 120 ribu yang tentunya banyak keluhan dari masyarakat yang biasa membeli daging sapi untuk berjualan soto dan lainya,” kata  pedagang daging sapi Pasar Leuwiliang, Aris (45), kemarin.

Selain Aris, hal serupa diungkapkan pedagang lainya, Acong, ia mengaku sejak kenaikan harga daging sapi omset penjualan daging sapi anjlok hingga 40 persen. “Turun 40 persen penjualan. Karena sepinya pembeli dan banyak keluhan dari pelanggan harga naik secara mendadak,” keluhnya.

Sementara menurut salah seorang pembeli daging sapi, Rohiyati (38) warga Puraseda Leuwiliang ia biasa membeli bagian jeroan sapi untuk berjualan soto itu pun mengalami kenaikan. Biasanya per kilogram Rp 60 ribu sekarang jadi Rp 65  per kilogramnya.

“Ya naik mau gimana lagi kalau gak beli gak jualan dong saya, harapan sih harga bisa turun lagi,” pintanya.

Sementara dikabarkan naiknya harga daging sapi membuat para pedagang yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI)  se-Jabodetabek melakukan asli mogok berjualan selama 3 hari terhitung sejak Rabu (20/1/2021).

Untuk di Pasar Leuwiliang para pedagang tidak ikut aksi mogok berjualan, lantara kebutuhan untuk sehari- hari lebih mendesak meskipun penjualan menurun. Apalagi menurut para pedagang saat pandemi seperti ini tentu banyak kebutuhan hidup sehari-hari yang harus dicukupi.

Namun para pedagang berharap pemerintah segera menurunkan harga daging sapi yang tentu membebani penjual dan masyarakat.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here