Biden Sementara Unggul

0
61

Trump Sempat Deklarasi Kemenangan

Washington | Jurnal Inspirasi

Joe Biden sementara mengungguli perolehan suara petahana Donald Trump dalam Pilpres di Amerika Serikat (AS).  Joe Biden yang berpasangan dengan Kamala Harris unggul dengan 238 suara elektoral. Sementara pasangan Donald Trump – Mike Pence, mengantongi 213 suara, Dalam aturan kemenangan Pilpres di AS, calon presiden perlu mendapatkan 270 suara elektoral.

Biden sementara ini unggul di 16 negara bagian termasuk daerah asalnya, Delaware dengan tiga suara elektoral.

Calon dari Partai Demokrat ini mengantongi kemenangan pertamanya di Vermont dengan empat suara elektoral. The Guardian baru saja melaporkan Biden unggul di New Hampshire dengan mendapatkan empat suara elektoral. Sedangkan Trump memperoleh keunggulan di 17 negara bagian, di antaranya Indiana dengan 11 suara elektoral, Kentucky, Missippi, dan Oklahoma. Sesaat setelah pemungtan suara di Kentucky ditutup, AP menyatakan Trump unggul dengan delapan suara elektoral. 

Berbicara dari Gedung Putih, Trump mendeklarasikan kemenangan dan mengatakan akan meluncurkan gugatan lewat Mahkamah Agung terkait suara lewat pos, tanpa memberikan bukti apapun. “Sejujurnya kami telah memenangi pemilihan ini,” katanya di Gedung Putih. “Jelas kami sudah menang di Georgia dan North Carolina. Kita menang di Pennsylvania dengan jumlah luar biasa,” tambahnya.

“Ini memalukan negara kita,” ujarnya, seraya menambahkan rencana untuk menggugat hasil pemilu di Mahkamah Agung.

Wakil Presiden Mike Pence mencoba untuk menetralisir pernyataan Trump dan menolak mendeklarasikan kemenangan dan menekankan bahwa semua suara suara yang masuk secara legal akan dihitung.

Sementara tim kampanye Biden mengatakan pernyataan Trump yang mempertanyakan legitimasi suara yang belum dihitung dinilai keterlaluan, belum pernah terjadi dan tidak benar. Joe Biden, dalam pidato di hadapan para pendukungnya di Delaware, mengatakan tahun ini akan berjalan panjang. “Tapi siapa tahu kita bisa bertarung mungkin sampai besok pagi, mungkin lebih lama!”cetus Biden.

“Ini belum selesai sampai semua suara, semua kertas suara dihitung,” katanya dan menyebutkan bahwa “ia berada dalam jalur untuk menang.”

** ass

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here