Hacker Serang Website DPR

0
58

n Sebelumnya Gedung DPR Dijual Murah di Toko Online

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Situs resmi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) ramai dilaporkan error. Situs tersebut tidak bisa diakses sejak Kamis (8/10) pagi. Pantauan sekitar pukul 10.00 WIB, laman beranda situs dpr.go.id tidak menampilkan konten yang seharusnya, hanya terlihat tulisan “An error occurred while processing your request”. Belum diketahui apa yang menyebabkan situs tersebut tumbang.

Namun beberapa pengguna Twitter berspekulasi hal ini merupakan ulah dari para peretas yang protes setelah DPR dan pemerintah resmi mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi Undang-Undang.

Bahkan, ada warganet yang melaporkan seorang pengguna Tik Tok yang menunjukan halaman website resmi tersebut diubah tampilannya. https: //twitter.com/ melatikaaa__/ status/ 1313992329049460737. Pada halaman tersebut tertulis “Dewan Penghianat Rakyat Republik Indonesia”.

Ini bukan menjadi aksi protes yang pertama lewat dunia maya. Sebelumnya, warnaget ramai menjual murah gedung DPR beserta isinya di berbagai e-commerce.

Sebelumnya gedung DPR dijual murah di toko-toko online. Upaya ini cara netizen meluapkan kekesalannya setelah DPR dan pemerintah mensahkan Rancangan Undang-Undang Omnibus Lawa Cipta Kerja menjadi undang-undang pada 5 Oktober 2020.

Di tokopedia, sebuah akun nampak menjual Gedung DPR dengan menulis “dijual gedung dpr beserta anggotanya”. Harga jual tersebut tak tanggung-tanggung, hanya Rp100 ribu.

Bahkan sindirannya adalah bebas ongkos kirim. Ratusan orang sudah melihat postingan tersebut. Di beberapa platform e-commerce lain juga tercantum sejumlah akun menjual Gedung DPR tersebut. Bahkan dengan harga yang sangat murah, antara Rp5 ribu hingga Rp10 ribu. 

Langkah netizen menjual Gedung DPR ini bukan sekali ini saja. Pada tahun 2019 lalu, juga melakukan hal yang sama. Disaat marak aksi massa yang bergerak ke DPR menolak berbagai pembahasan RUU yang digodok dewan.

** ass

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here