Alhamdulillah, Jalan Sadeng Pasar-Cisaranten Akhirnya Dibangun

0
232

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Jalan Sadeng Pasar-Cisaranten, Desa Sukaluyu, Kecamatan Nanggung yang sudah 11 tahun rusak  akhirnya akan diperbaiki. Sebelumnya, jalan rusak jalur Kecamatan Leuwisadeng itu  sudah berulang kali disampaikan warga yang mengeluhan kondisi jalan tersebut.

Kini, kabar gembira itu muncul dari Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bersama pekerja dari UPT Jalan dan Jembatan wilayah V Leuwiliang, berikut kontraktor pemenang lelang dari CV. Bumi Putra Persada, Senin (1/10), melakukan pemeriksaan lapangan bersama (PLB) dengan pengukuran jalan yang akan dijadikan target pembangunan.

“Jalan yang diperbaiki itu sepanjang 1,3 kilometer, setelah selesai pengukuran secepatnya akan segera kita mulai,” kata kontraktor dari perusahaan CV.Bumi Putra Persada, Sembiring kepada Jurnal Bogor.

Setelah melalui proses lelang, kata Sembiring,  pembangunan jalan juga dibarengi dengan pembangunan drainase dan TPT. ” PLB juga melibatkan konsultan managemen proyek (KMP) dan pemerintah desa setempat tentu yang mengetahui kondisi wilayahnya,” kata dia.

Menurutnya, pengerjaan bangunan jalan tersebut akan segera dimulai, ia memastikan karena proses sebelumnya telah selesai. “Dalam waktu dekat ini pengerjaan jalan kita mulai,” ucap Sembiring.

Kepala Desa Sukaluyu Aos Hermawan mengatakan, pembangunan jalan itu membentang  dari Desa Wangunjaya hingga wilayah kampung Saranten meliputi 11 kampung di dua kecamatan.” Karena warga sudah 11 tahun menunggu, kami harap pembangunan jalan untuk diutamakan kualitas jalan agar kuat,” harapnya.

Sebelumnya, iapun mengaku kewalahan menggunakan uang pribadinya tidak kurang 11 juta melakukan penambalan terdapat jalan yang berlubang. ” Karena  jalan tersebut  90 persen hampir seluruhnya rusak,” ujarnya.

Menurut Aos, sekitar 2.500 jiwa dari 8 kampung warganya biasa menggunakan jalur ini. “Memang jalan itu sudah lama didambakan masyarakat, semoga pengerjaannya  dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat,” paparnya.

Warga desa setempat, Mulyadin (45) menuturkan, “kita tahu jalan ini sudah lama rusak berat, jalan ini vital sering dilintasi kendaraan roda 4 atau roda 2, jadi kami sangat bersyukur, alhamdulillah  jalan ini bisa dibangun,” kata dia.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here