Tak Kebagian Banpres, Ketua RT Ancam Mengundurkan Diri

0
129

Caringin | Jurnal Inspirasi

Tidak adanya satu pun warga yang menerima bantuan presiden (Banpres), ketua rukun tetangga (RT) di Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, mengancam akan mundur dari jabatannya.

Harun, Ketua RT 03/09 Desa Ciderum mengatakan, dirinya merasa tertekan oleh warga yang terdampak Virus Corona, tetapi belum mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten.  “Saya merasa tertekan ketika masih ada warga yang belum mendapatkan bantuan apapun,” akunya kepada wartawan.

Menurutnya, di wilayah RT 03/09 masih ada sejumlah warga yang belum mendapatkan bantuan pemerintah, baik itu bantuan langsung tunai (BLT) maupun bantuan non tunai atau berupa sembako. “Begitu Banpres turun dan warga di RT saya tidak ada yang dapat, warga banyak yang komplain dan marah kepada saya. Saya sendiri tidak tahu kalau Banpres sudah turun, karena tidak ada pemberitahuan dari desa,” papar Harun.

Harun mengaku dirinya sudah tidak dihargai sebagai RT dan hanya dijadikan kambing hitam oleh desa. Pasalnya, akibat tidak ada satu pun warga di RT nya yang mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 1,800.000 itu, dirinya menjadi sasaran kemarahan warga. “Kalau seperti ini terus, saya lebih baik mundur dari jabatan RT. Percuma, hanya dijadikan kambing hitam saja,” keluhnya.

Informasi didapat, di RW 09 yang meliputi empat RT, hanya dua RT saja yang warganya mendapatkan Banpres dan itu juga masuk kedalam kategori warga mampu. Padahal, untuk KPM tambahan yang mendapat Banpres di Desa Ciderum, jumlahnya mencapai 249.

Seperti di RT 04/09 dan RT 01/09, keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima bantuan uang tunai itu, hampir semuanya yang status ekonomi berada. “Masa di RT 04 bos pasar saja dapat, sedangkan di RT saya masih banyak warga yang masuk kategori miskin tapi belum dapat bantuan sama sekali,” imbuh Jamal, Ketua RT 02/09.

Sementara, sampai saat ini Kepala Desa Ciderum, belum memberikan keterangan apapun terkait adanya permasalahan Banpres tersebut.

Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here