Akabri 89 Bedah Rumah Ibu Nanih yang tak Layak Huni

0
65

Tamansari | Jurnal Inspirasi

Akabri 89 terus melakukan upaya membantu masyarakat dengan melaksanakan Program Tali Asih kepada Ibu Nanih (70), warga Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor dengan program bedah rumah tidak layak huni, Kamis (23/7).

Kakor Binmas Irjen Pol Risyapudin Nursin didampingi Brigjen TNI Djoko Andoko Direktur Pendidikan Akademi TNI bersama Akabri 89 (Altar 89)  memimpin pemberian tali asih sebagai wujud nyata membantu masyarakat pra sejahtera.

Tidak hanya itu, Irjen Risyapudin juga memberikan bibit tanaman palawija dan benih ikan untuk dikelola dan dibudidaya oleh masyarakat Desa Sukakayu guna membantu ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Sementara Dirdik Akademi TNI, Brigjen TNI DJoko Andoko mengatakan, pembangunan rumah tidak layak huni ini tidak sengaja. Saat itu Alumni Akabri 89 sedang membagikan bantuan paket sembako untuk warga masyarakat Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari. Di sana pihaknya mendapatkan informasi ada salah seorang rumah janda tua berusia 70 tahun yang kondisi rumah sudah tidak layak untuk dihuni karena rusak parah.

“Kami pun saat itu langsung melihat kondisi rumah Ibu Nanih dan memang kondisinya cukup memprihatinkan. Dari sana Akabri 89 bersepakat untuk melakukan bedah rumah ibu Nanih dan Alhamdulillah kita serahterimakan dengan tanda pemberian kunci kepada Ibu Nanih dengan beberapa perlengkapan seperti meja makan, kompor gas, tempat tidur dan lemari,”kata Djoko Andoko.

Kegiatan peduli sesama kata dia akan terus dilakukan dan bukan hanya saat pandemi Covid-19 saja, namun sudah menjadi program rutin Akabri 89 sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat. “Kita juga akan terus lakukan demi masyarakat di berbagai daerah lain yang masih membutuhkan uluran tangan kita,” katanya.

Sementara Nanih (70) mengaku tak menyangka  rumahnya akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Ia pun mengucapkan terimakasih kepada Akabri 89 yang telah peduli terhadap dirinya. “Alhamdulillah sekarang gak bocor lagi kalau hujan terimakasih bapak -bapak (Akabri 89) telah membuat rumah saya layak untuk ditempati,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu juga turut hadir Camat Tamansari, unsur Forkopimda, TNI, dan sejumlah pejabat Baharkam Mabes Polri yang selanjutnya rombongan melakukan kunjungan ke Kampung Tangguh Kecamatan Tamansari yang dibentuk sebagai upaya menerapkan disiplin saat Adaptasi Kebiasaan Baru di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan protokol kesehatan di lingkungan warga.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here