30.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

KSM Rahayu Buat Drainase Vertikal

Ciomas | Jurnal Inspirasi

Cegah banjir dan kekeringan, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Rahayu, Desa Ciomas Rahayu, Kecamatan Ciomas membangun enam titik drainase vertikal di dua RW. Ketua KSM Rahayu, Afsoni Wardi mengatakan, tujuan dibuatnya drainase di pemukiman warga untuk menampung air hujan agar tak semua mengalir ke selokan dan sungai.

“Hal ini nantinya mengurangi beban drainase untuk menampung air sehingga tidak terjadi luapan. Ketika musim kemarau, sumur warga juga tidak mengalami kekeringan,” kata Afsoni Wardi kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Untuk pembangunan sambung Soni, sapaanya, drainase vertikal tahap pertama di Desa Ciomas Rahayu sebanyak enam titik yang tersebar di RW 08 dan 01. “Anggran pembangunan drainase vertikal tahap pertama sebanyak enam titik senilai Rp 38 juta yang bersumber dari program PUPR Kabupaten Bogor,” ujar Soni.

Soni menambahkan, untuk pembangunan drainase vertikal dikerjakan oleh KSM Rahayu yang terdiri dari unsur LPM, tokoh masyarakat dan Pemdes Ciomas Rahayu. Setelah pembangunan drainase vertikal tahap pertama tuntas, rencananya ada lagi pembangunan drainase vertikal tahap kedua sebanyak sembilan titik yang tersebar di lima RW.

“Untuk pembangunan tahap kedua, rencananya bakal terealisasi di bulan Agustus 2020. Kita berharap dengan adanya drainase vertical pemukiman warga tidak lagi kebanjiran karena luapan air hujan,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles