Ada Bukti, Pakai Masker Efektif Kurangi Penularan Covid-19

0
55

Bogor | Jurnal Inspirasi
Pemakaian masker di pusat episentrum global atau zona merah telah mencegah puluhan ribu orang infeksi virus Corona (Covid-19). Dalam studi yang dipublikasikan oleh PNAS: The Proceedings of National Academy Sciences of the USA menyebut bahwa mengenakan masker ternyata lebih penting untuk mencegah penyebaran virus ketimbang menerapkan social distancing atau tinggal di rumah.

Dikutip dari CNBC, tren infeksi mulai bergeser secara dramatis ketika aturan mengenakan masker diterapkan pada 6 April di Italia utara dan 17 April di New York City. Di mana sebelumnya daerah di negara itu paling terpukul di dunia karena krisis kesehatan.

Ketika kebijakan memakai masker mulai berlaku di New York, tingkat infeksi baru turun sekitar 3 persen per hari. Di seluruh negeri, infeksi baru setiap hari terus meningkat. Tindakan pencegahan kontak langsung, social distancing, karantina, isolasi, dan sering cuci tangan semuanya dilakukan sebelum aturan mengenakan masker diberlakukan di Italia dan New York City.

Upaya tersebut hanya membantu meminimalkan penularan virus melalui kontak langsung, sementara masker membantu mencegah penularan melalui udara, kata para peneliti. “Fungsi unik penutup wajah untuk memblokir atomisasi dan inhalasi aerosol yang mengandung virus berperan dalam mengurangi infeksi secara signifikan,” ujar penelitian tersebut seperti dikutip dari Asiaone, Selasa (16/6).


Sebelumnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pada Jumat lalu mendesak penyelenggara pertemuan besar yang didalamnya ada aktivitas teriakan hingga menyanyi untuk menggunakan masker kain guna menurunkan risiko penyebaran virus Corona.

ASS |*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here