Banprov Jabar, Pemdes Jambu Luwuk Realisasikan Tiga Kegiatan

0

Ciawi | Jurnal Inspirasi
Pemerintah Desa (Pemdes) Jambu Luwuk, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, merealisasikan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Banprov) Jawa Barat (Jabar) tahun anggaran 2020. Banprov yang diterima Desa Jambu Luwuk sebesar 130 juta tersebut digunakan pada tiga kegiatan. Diantaranya untuk biaya pembangunan Posyandu, pulsa sapa warga RT dan RW serta infrastruktur rehab kantor desa.

 “Untuk tahap pertama ini, bantuan tersebut kami alokasikan pada tiga kegiatan,” kata Kepala Desa Jambu Luwuk, Yana Mulyana.

Menurutnya, realisasi pada kegiatan tersebut sudah berdasarkan hasil musyawarah dari semua elemen masyarakat yang diwakili para tokoh setempat dalam rapat desa sebelumnya. ¬†“Semua telah disepakati oleh para tokoh masyarakat saat rapat yang pada waktu itu dihadiri pendamping desa, perangkat pemerintah kecamatan, Babinmas, Babinsa dan semua staf desa,” ucapnya.

Soal pelaksanaan kegiatan, sambung Yana, dikerjakan secara swakelola yakni melalui Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Hal ini, dimaksudkan agar dapat membantu masyarakat yang tidak punya pendapatan.

 “Ini yang kami lakukan sekarang, artinya kami ingin memberdayakan masyarakat. Dimana, yang tadinya tidak punya penghasilan, sekarang mendapatkannya. Apalagi kan pemerintah pusat mengintruksikan programnya seperti itu, jadi harus kami jalankan,” jelasnya.

Sementara, Ketua Tim Pelaksana Kerja (TPK) Jambu Luwuk, Dadan menerangkan, untuk biaya pembangunan rehab kantor desa mulai dari pelebaran aula dan ruang kantor kepala desa serta pembenahan, anggarannya sendiri sekitar 70 juta.

 “Kami berharap dukungan dari masyarakat agar apa yang sedang dikerjakan ini berjalan baik dan cepat selesai. Dan ada manfaatnya juga nanti yang bisa dirasakan oleh masyarakat ketika ingin bertamu atau silaturahim dengan pihak pemerintahan desa,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here