Komisi III Dukung Rencana Pemindahan Kantor OPD Pemkot

0
Adityawarman

Bogor | Jurnal Inspirasi

Dukungan terhadap rencana pemindahan kantor sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari kawasan Balaikota Bogor, rupanya mendapat dukungan dari Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor, Adityawarman.

Menurut dia, pemkot dapat memanfaatkan aset-aset pemerintah yang tidak terawat.
“selama ini ada beberapa aset pemerintah, ada juga aset pemerintah pusat yang mungkin bisa digunakan,” ucap Adit kepada wartawan, baru-baru ini.

Politisi PKS itu menyatakan, sudah beredar kabar adanya dinas yang akan menempati gedung Freshmart di Jalan Padjadjaran. Iapun menyinggung, OPD yang memiliki kantor di area balai Kota Bogor. Dia menjelaskan, kantor Sekretariat Daerah (Setda) saja memiliki empat lantai. Belum lagi, ditambah beben pegawai dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostandi) dan Bappeda Kota Bogor.

Sementara mengenai lahan parkir yang tak lagi mencukupi lantaran luas Balai Kota secara keseluruhan hanya 2,673 meterpersegi. Ia mendorong agar pemindahan kantor dinas dapat segera dilakukan. Demikian, pekerjaan dinas terkait dapat lebih maksimal.

Sebelumnya, Pemkot Bogor menargetkan bakal memindahkan empat kantor organisasi perangkat daerah (OPD), tiga di antaranya yang berada di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor.

Terpisah, Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Atep Budiman menjelaskan, pemindahan kantor OPD ditargetkan tahun ini selesai, karena tidak ada kegiatan fisik, hanya melakukan perapihan gedung perkantoranya. “Untuk sebatas cat dan merapihkan kita sudah siap,” katanya.

Keempat OPD tersebut, kata dia, Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostandi), Kantor Inspektorat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan BPKAD. Atep menuturkan, BPKAD akan dipindahkan ke gedung Badan Pendapatan Daerah ( Bapenda) Kota Bogor di Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal. BPKAD direncanakan akan menempati dua lantai di gedung setinggi lima lantai tersebut.

Sementara untuk Kantor Dinas Kominfostandi, sambung Atep, akan digeser ke BPKAD yang berada di samping Gedung Setda, dan Gedung Inspektorat bakal menempati gedung Fish Mart yang kini tercatat milik Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan, yang berada di Jalan pajajaran, Kecamatan Bogor Timur. Namun, gedung tersebut masih memerlukan renovasi.

Kemudian ada juga Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, akan menempati gedung Kominfostandi.

Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here