33.2 C
Bogor
Saturday, June 22, 2024

Buy now

spot_img

Ajarkan Wirausaha, Market Day SMK Cendikia Muslim Sajikan Beragam Kuliner

JURNAL Inspirasi – Ratusan siswa-siswi SMK Cendikia Muslim memenuhi stand bazar pada Market Day kuliner tradisional dan modern yang bertempat di lapangan upacara SMK Cendikia Muslim Parakanmuncang, Nanggung, Kabupaten Bogor, kemarin.

Ketua Yayasan Cendikia Bogor Usep Nukliri dan Hj Eneng Badriah membuka langsung Market Day yang disajikan siswa dengan kemasan menarik.

Kepala Sekolah SMK Cendekia Muslim Awaludin menyatakan, Market Day merupakan ajang kreativitas siswa bertajuk “kuliner tradisional dan modern” dengan aneka produk yang disajikan oleh siswa kelas 12 dilakukan selama 3 bulan sekali setelah UTS dan UAS.

Awaludin

Kegiatan Market Day diikuti 400 lebih siswa-siswi kelas 12 terbagi menjadi 48 kelompok. Market Day untuk mengedukasi siswa agar belajar bagaimana berwirausaha membuka lapangan pekerjaan secara mandiri.

“Market Day digelar guna menumbuhkan kreativitas dan  semangat siswa,  bagaimana cara memulai dalam berbisnis. Melalui market day ini, kedepan diharapkan siswa tidak bergantung kepada orang lain,” kata Awaludin.

Dalam prosesnya kata dia, bagaimana memulai bisnis hingga diawali mereka berkomunikasi, dan ada semangat yang tinggi mereka dapat mengembangkan apa yang mereka bisa, serta mengambil peluang dari berbagai arah yang dapat dimanfaatkan salah satu program pendidikan melalui Market Day.

Sementara 48 kelompok  siswa-siswi kelas 12 SMK Cendikia Muslim itu dengan menggunakan pakaian tradisional mereka menyiapkan aneka makanan tradisional dan  modern di setiap stand.

Mereka pun mendapat omzet karena seluruh siswa berbelanja di situ meski dengan harga murah.

Ada kelompok siswa yang menjual makanan diberi sentuhan kekinian seperti kue putri noong atau pisang goreng dengan polesan coklat dan keju.

(arip ekon)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles