Ini Kata Ketua Dewan Soal Rencana ‘Relokasi’ OPD Pemkot Bogor

0
Atang Trisnanto

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana memindahkan beberapa kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari kawasan Balaikota. Hal itupun rupanya mendapat dukungan DPRD, dengan syarat pemindahan itu dapat menunjang kinerja dinas tersebut.

“Ya, yang terpenting bisa menunjang kinerja mereka untuk lebih baik dikemudian hari,” ujar Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, kepada wartawan, baru-baru ini.

Atang mengatakan, selama dapat menunjang kinerja ASN dirinya tam mempermasalahkan hanya saja, berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor tahun 2020 tidak ada anggaran untuk memindahkan kantor dinas.

Kata dia, perbaikan gedung sejumlah kantor dinas dan kecamatan. Itupun, biaya yang dikeluarkan dari APBD tidaklah besar.

“Anggaran perbaikan beberapa kantor, seperti kantor kecamatan, kemudian kantor dinas seperti Bappeda,” jelas Atang.

Menurut dia, rencana pemindahan kantor dinas secepatnya dapat terealisasi. Sebab, dia menilai, pemindahan maupun perbaikan dipastikan tidak menelan anggaran besar dibanding membuat kantor baru.

“Jadi jngka panjangnya pemkot harus berfikir bagimana nanti bisa membuat sebuah pusat perkantoran, untuk semua dinas,” katanya.

Pemkot Bogor setidaknya memiliki 33 organisasi perangkat daerah (OPD) termasuk kecamatan. Namun, lokasi kantor tersebut tersebar di sejumlah wilayah di Kota Bogor. Padahal pusat pemerintahan atau Balai Kota Bogor berada di Bogor Tengah.

Ia berharap pemkot untuk menyiapkan lahan agar dapat menjadi pusat perkantoran. Sehingga, pelayanan bagai masyarakat dapat lebih terpusat di satu titik.

“Tapi sekali lagi harus kita arahkan semua sumberdaya kita, baik itu human maupun capital resources kita untuk fokus menagani corona,” tandasnya.

Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here