Ponpes Kartini Soko Tunggal tak Terdaftar

0
Plang ponpes yang didalamnya usaha peternakan.

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Pondok Pesantren Kartini Soko Tunggal yang berada di Kampung Jatinunggal, Desa Sukasirna, Kecamatan Jonggol rupanya tidak terdaftar di Departemen Agama Kabupaten Bogor. Ponpes tersebut hanya berplang saja, tapi tidak terdapat kegiatan ponpes pada umumnya. Namun justeru dijadikan usaha peternakan.

Departemen Agama Bidang Pondok Pesantren ketika dikonfirmasi mengatakan, Ponpes Kartini Soko Tunggal itu tidak ada dalam daftar Pontren di Depag. “Sekarang kan sudah via online dan sudah kami cek berkali-kali bahwa ponpes tersebut tidak ada dalam daftar atau tidak terdaftar. Adapun kegiatan yang ada di dalam ponpes yaitu peternakan sapi itu sangat tidak pantas dan tidak layak, sama dengan melecehkan. Kecuali peternakan tersebut bagian dari usaha pondok pesantren, namun jika plang pondok pesantren tapi kegiatannya peternakan sapi sebaiknya dinas terkait segera menginstruksikan untuk mencopot plang ponpes tersebut,” ujar Staf Depag Bagian Pontren.

Disebutkan sebelumnya, Kades Sukasirna Iwan Setiawan sudah menginstruksikan agar papan ponpes dicopot karena tidak sesuai dengan aktivitas yang terdapat di dalamnya. “Sudah saya intruksikan untuk mencopot papan ponpes tersebut bahkan setiap tahun selalu saya laporkan pada kasie Pemerintah Kecamatan Jonggol karena aktivitas di dalamnya bukan aktivitas ponpes melainkan peternakan sapi. Kepada pengelola pun sudah saya instruksikan namun jawabannya adalah sudah kondusif sampai ke Polda Jabar. Menurutnya peternakan sapi berplang ponpes tersebut adalah milik salah seorang petinggi di Polda Jabar,yang masih saudara dengan pensiunan Binmas desa Sukasirna terdahulu, ” kata Iwan.

Hal senada pun dikatakan Camat Jonggol Andri Rahman bahwa dirinya baru mengetahui ketika menjadi camat. “Kami akan berikan surat teguran yang nantinya akan kami serahkan kepada PPNS yang akan menindaklanjuti,” pungkas Andri.

Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here