Jalan Raya Antam Pongkor Seperti Kubangan Kerbau

0
Kendaraan roda dua melintas di jalan yang rusak dan tergenang air.

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Pengendara terpaksa melintasi jalan Raya PT Antam UBPE Pongkor TBK  yang rusak di Kampung Ciketug, Desa Pangkaljaya, Kecamatan Nanggung. Jalan yang rusak itu juga berlubang yang sudah bertahun belum juga diperbaiki sehingga mengganggu warga sekitar dan pengguna jalan. “Sudah cukup lama kondisi jalan itu rusak dan tergenang air. Apabila tidak segera diperbaiki genangan air dan menyerap sehingga akan mudah terjadinya longsor,” kata warga sekitar Haerudin kepada Jurnal Bogor, Selasa (18/2).

Keberadaan jalan itu, sebut Haerudin, tidak jauh dengan tebingan dan pernah terjadi amblas maupun longsor.” Menurut kami jalan yang rusak sudah bertahun tahun  dan seluruh badan jalan tergenang air hujan,.” sebut Haerudin.

Pantauan di lokasi, kerusakan  jalan juga terjadi disepanjang Jalan Raya  Bongas, Desa Kalongliud dan Kampung Parengpeng serta Jalan Ace Tabrani tepatnya di Kampung Lukut, Desa Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung. Pemerintah  belum tuntas mengatasi masalah jalan rusak padahal sudah lama terjadi. Warga bahkan menyebut perbaikan jalan hanya tambal sulam sehingga dengan cepat rusak lagi.” Apa lagi akses jalan tersebut merupakan jalur PT Antam Pongkor tetapi kondisi jalannya masih rusak parah,” tukasnya.

Selain jalan rusak, ditambah lagi minimnya Penerangan Jalan Umum (PJU) adapun penerangan umum lampunya tidak begitu terang dan masih gelap gulita.”  Kondisi tersebut sangat mengganggu kenyamanan warga yang tinggal di sekitar dan bagi pengguna jalan yang sedang melintas. 

Kepala Desa Pangkaljaya, Taupik Sumarna sudah menyampaikan jalan penghubung PT Antam Pongkor yang sudah lama seperti kolam ikan.” Hingga saat ini belum adanya perbaikan dari PT Antam mupun dari PUPR. Padahal, jalur itu menuju perusahaan BUMN dan namanya juga Jalan Raya PT Antam seharusnya keberedaan jalan harus lebih diperhatikan dan tidak seperti kubangan kerbau.”

Menurut Taupik, biasanya  kedua belah pihak antara pihak PT Antam dengan Dinas PUPR Pemkab Bogor saling  mengandalkan untuk perbaikan jalan tersebut.” Saling menunggu untuk perbaikan jalan, pada akhirnya jalan semakin rusak parah tetapi tidak ada tindakan yang kongrit untuk perbaikan,” keluhnya.

Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here