Pemkab Ubah Mindset ASN

0
138

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor meluncurkan program gerak cepat (Gercep-red) untuk belasan ribu Aparatur Negeri Sipil (ASN). Kepala Bagian (Kabag) Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja pada Setda Kabupaten Bogor, Makmur Rozak mengatakan, pihaknya memiliki beban terhadap perubahan pola pikir semua ASN di Pemkab Bogor.

“Yang perlu dibangun itu mindset Gercep itu, makanya kami sedang gencar mempersiapkan bahan-bahan sosialisasi bagaimana membangun pola pikir tersebut. 16 ribu ASN itu bukan hal yang sedikit untuk kita sentuh bareng,” ujar Makmur kepada Jurnal Bogor, Senin (17/2).

Mantan Kabag Umum Pemkab Bogor ini menerangkan, pihaknya hanya berperan sebagai konseptor yang dapat berujung pada lahirnya kebijakan.

“Tugas kami itu menyiapkan draf rumusan kebijakan pimpinan. Bukan pihak yang bersentuhan langsung pada kinerja ASN,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya tidak memiliki peranan dalam penilaian kinerja ASN di lingkup Pemkab Bogor. “Kalau masalah untuk proses rotasi atau kepindahan pegawai itu ranahnya Beperjakat, kami tidak ikut capur diranah itu,” katanya.

Sementara iti, Bupati Bogor Ade Yasin menegaskan, budaya kerja “Gercep” harus jadi perilaku dan etos kerja ASN di lingkup Pemkab Bogor.


“Gercep atau gerak cepat yang bermakna gesit, efektif, responsif, cermat, efisien dan professional harus jadi budaya. ASN harus memiliki perilaku dan etos kerja gercep dalam sehari-hari,” tegasnya.   

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor ini memaparkan, hal tersebut ditekankan pada seluruh program kerja untuk mewujudkan Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban.

“Untuk kelancaran kinerja tahun 2020, agar semua ASN bergerak cepat, laksanakan hal-hal yang terkait dengan pengadaan barang dan jasa serta modal supaya penyerapan anggaran tidak menumpuk pada akhir tahun,” tandasnya.

Noverando H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here