28.6 C
Bogor
Thursday, October 24, 2024

Buy now

spot_img

RSUD Leuwiliang Edukasi Masyarakat Pentingnya Pemeriksaan Mata Anak-anak

Jurnal Inspirasi – RSUD Leuwiliang kembali mengedukasi masyarakat, kali ini rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengadakan kegiatan edukasi penapisan kesehatan mata anak.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional dan Hari Kesehatan Mata Sedunia dengan tema Children, Love Your Eyes,” ujar dr. Elisabeth Handayani, Sp.M, spesialis mata di RSUD Leuwiliang, Rabu (23/10/2024).

Dokter Elisabeth mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang tua mengenai pentingnya pemeriksaan mata dini bagi anak-anak demi mendukung perkembangan dan proses belajar mereka. dr. Elisabeth menekankan betapa pentingnya pemeriksaan mata sejak usia dini.

“Pemeriksaan mata pada anak sangat penting untuk menunjang mereka dalam belajar dan menghindari masalah penglihatan yang bisa mengganggu perkembangan mereka di kemudian hari. Jangan takut membawa anak untuk periksa ke dokter mata karena pemeriksaan mata tidak sakit,” jelasnya.

Pemeriksaan mata pada anak sebaiknya dimulai sejak bayi, terutama bagi yang lahir prematur. Pemeriksaan lanjutan dianjurkan pada usia 6 bulan, 3 tahun, dan sebelum anak memasuki sekolah.

“Tahapan ini sangat penting untuk mendeteksi lebih awal gangguan penglihatan yang mungkin dialami anak-anak,” tegas dr. Elisabeth.

Kegiatan ini mendapatkan antusiasme tinggi dari pasien di poli anak RSUD Leuwiliang. Pasha yang merupakan siswa kelas 1 SD dan Faidz, mengikuti pemeriksaan mata gratis yang disediakan sebagai bagian dari rangkaian acara.

“Dengan kegiatan ini, RSUD Leuwiliang berharap dapat terus berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan mata anak, serta mengedukasi masyarakat agar lebih peduli terhadap kesehatan penglihatan sejak usia dini,” pungkasnya.

(yev/rls)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles