27 C
Bogor
Thursday, September 19, 2024

Buy now

spot_img

Lurah Mulyaharja Support UMKM Yang Bisa Menyerap Tenaga Kerja

Bogor Selatan | Jurnal Bogor – Pasca pandemi Covid-19, banyak perusahaan-perusahaan besar yang tutup dengan mengurangi karyawan, bahkan dirumahkan.

Namun demikian, tidak seperti halnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bisa bertahan dan berkembang saat ini. Salah satunya di Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan banyak pelaku usaha kecil yang tetap eksis.

Lurah Mulyaharja Indra Permana mengatakan, pastinya sangat mendukung dengan banyaknya para pelaku UMKM kshususnya yang ada di Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Berbagai pelaku UMKM di Mulyaharja, seperti kerajinan tangan (home made) pengrajin alas kaki (sandal), makanan, pertanian, perikanan, dan lainnya.

“Adanya UMKM, dalam hal penerapan tenaga kerja, dimana memang pada saat masa-masa sekarang ini masih sangat jarang pelaku usaha yang dapat menyerap tenaga kerja di wilayah sekitar,” ujar Indra Permana, saat mengunjungi salah satu UMKM di Mulyaharja, Rabu (7/8/24).

Harapan pastinya, untuk para pelaku UMKM dapat terus berkembang dengan tetap memperhatian dalam hal perizinan, kualitas produksi.

“Dengan begitu ini akan mengangkat nama Mulyaharja itu sendiri,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid UMKM Kota Bogor Ela menambahkan, kita telah melakukan pembinaan, sosialisasi, dan pelatihan kepada UMKM.

Kendati demikian, secara pribadi berusaha lebih maju, namun perlu keseriusan dari mereka juga, karena beberapa ada sosialisasi dan pelatihan, namun tidak semua membuktikan kemajuan paling hanya setengahnya.

“Yang penting mulai motivasi dari dirinya sendiri untuk bisa maju,” tuturnya.

Ia berharap, lebih termotivasi, karena biar bagaimana pun pemerintah terbantu oleh mereka, minimal bisa mengerjakan di tengah kesulitan ini

“Upaya dilakukan dari kami, yakni membantu dari hulu ke hilir, mulai dari legalitas, NIB, Kemasan, BPOM, Haki, dan sampai ke pemasaran,” tandasnya.

Yudi

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles