Home Potret Desa Melalui Musdesus, Pemdes Pamagersari Tetapkan KPM

Melalui Musdesus, Pemdes Pamagersari Tetapkan KPM

Tak Hanya BLT, Begitu Juga Insfratruktur Jaling dan Pembukaan Akses Jalan di Area Pematang Sawah

JURNAL Inspirasi – Pemerintah Desa Pamagersari, Jasinga, Kabupaten Bogor melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) di aula kantor desa, Jumat (3/5/2024).

Dilaksanakannya Musdesus tersebut untuk penetapan penerima manfaat bantuan langsung tunai (BLT-DD) tahun anggaran 2024.

“Agar berkeadilan, penerima bantuan itu sesuai kategori terutama  bagi keluarga warga miskin,” ujar Kepala Desa Pamagersari Nurochman.

Musdesus dipimpin langsung Kades, didampingi perangkat desa dan turut hadir dalam kegiatan ini pendamping desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas,  BPD dan masyarakat.

“Melalui Musdesus, untuk menyisisir kriteria keluarga penerima manfaat BLT tersebut. Kali ini, dari 24 RT sebanyak 25 KPM menerima bantuan tersebut,” imbuhnya.

Selama ini, menurut kades, bantuan sosial yang diterima penerima manfaat itu tak hanya dari anggaran dana desa saja. Namun,  tak  sedikit masyarakat telah menerima bantuan pemerintah seperti yang digelontorkan melalui Kantor Pos.

Jadi, kata Kades,  Musdesus ini untuk menyisir    warga yang belum tersentuh bantuan, tetapi masuk dalam kriteria penerima BLT.

Tak hanya BLT, menurut Kades, ketika  menentukan kebijakan acuannya adalah untuk pemerataan. Jangan sampai tidak ada yang tidak tersentuh, baik infrastruktur seperti pembangunan jalan lingkungan maupun jalan desa.

Salah satu menjadi fokus pembangunan dengan dibukanya akses jalan. Seperti pembukaan jalan area pematang sawah yang berubah menjadi jalan desa dengan lebar 3 meter.

“Kebutuhan masyarakat sesuai usulan di Musrenbang harus ter-cover, itupun disesuaikan dengan anggaran yang ada,” tukasnya.

(arip ekon)

Exit mobile version