23.6 C
Bogor
Friday, April 12, 2024

Buy now

spot_img

Catatan Kecil Hasil Silaturrahmi dengan Prof Dodik Ridho

Jurnal Inspirasi – Hatur nuhun. Abang AA telah diterima dengan baik dan ramah di rumah adinda Prof Dodik Ridho, Dekan SPS IPB University, dan Presidium MD Kahmi Bogor, sebelumnya beliau adalah mantan Wakil Rektor IPB University, mendampingi Rektor Prof Arif Satria pada periode pertama.

Saya dan kita berharap, pada suatu ketika nanti dan sudah waktunya tiba, Prof Dodik bisa mencalonkan diri sebagai Rektor IPB University, dan insya Allah bisa terpilih, melanjutkan estafet kepemimpinan dan keberhasilan adinda Prof Arif Satria sebagai Rektor yang telah berpredikat the best of University Leadership tahun 2021 versi Kemendikbud RI.

Saya sebagai senior di MD Kahmi Bogor berkeyakinan, Prof Dodik memiliki kemampuan yang the best in Campus IPB University. Saya pada Ahad pagi hingga siang tanggal 17 Maret 2024, lk 4 jam di rumahnya yang asri dan antik konstruksinya, serta estetik begitu menawan dekorasinya di berbagai sudut ruangan rumahnya.

Prof.Dodik banyak bercerita tentang perjalanan karier kehidupan yang penuh liku-liku yang banyak tantangan, dan alhamdulillah beliau sukses berkarier sebagai seorang ilmuwan dan pakar, konsultan perusahaan kehutanan, dan berprestasi di kampusnya, diantaranya karya disertasinya mendapat predikat “suma cum laude” di bidang politik kehutanan.

Prof Dodik menekuni Ilmu kebijakan pembangunan kehutanan, beliau lulusan S1 Fahutan IPB dan S2 dan S3 lulusan dari Goettingen University Jerman tahun 2005. 

Adik ideologis Insancita HMI saya ini, bernama lengkap Prof.Dr.Ir.Dodik Ridho Nurrochmat, asal Ponorogo, lahir tahun 1970, yang saya kenal, adalah aktivis mahasiswa tahun 1989-1994, dan pernah menjadi Ketua HMI Komisariat Fahutan IPB dan juga Ketua Sema Fahutan iPB. Prof Dodik,  orangnya begitu banyak dan kaya pengalaman di bidang riset, jasa konsultansi sistem manajemen mutu ISO-9000, pendidikan dan pengajaran sebagai dosen Fahutan IPB sejak 1996,  pengabdian pada masyarakat serta rajin menuangkan pikiran cerdasnya melalui massmedia sejak mahasiswa, dan telah menulis lebih 20 buku.

Salah satu buku karangannya, yang dihadiahkan kepada saya abangnya, sewaktu bersilaturrahmi ke rumahnya, bukunya berjudul “Refleksi Menuju Perikehidupan Yang Cerdas, Meraih Sukses Bermakna’, IPB Press (2009) dengan Kata Pengantar Rektor IPB saat itu, Prof. Herry Suhardiyanto (mantan Ketua ICMI Orwilsus Bogor, Mantan Waketum MPP ICMI, kini Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI Pusat periode 2021-2026, sekarang Rektor Universitas Muhammadyah Bandung).

Saya senang menerima buku tersebut, dilihat dari judulnya saja, sudah tergambar watak kepemimpinan seorang Dodik yang visioner dan berintegritas tinggi. Beliau saat ini juga aktif dalam berbagai kegiatan jasa konsultan di KemenLHK RI, World Bank dll untuk pemanfaatan sumberdaya hutan multi guna, termasuk bisnis dan investasi pendayagunaan ekosistem hutan tropika Indonesia, yang berciri khas megabiodiversity.

Selama saya berdiskusi dengan Prof Dodik, saya sedikit tahu tentang konsep penanganan pembalakan liar (illegal logging) dan penebangan pohon vegetasi hutan seperti apa, dan bagaimana dampaknya terhadap kondisi perekonomian nasional dewasa ini.

Saya berkeyakinan sosok Prof Dodik Ridho yang masih muda belia, memiliki prospek masa depan dalam mengisi kepemimpinan nasional Indonesia sebagai teknokrat sejati, yang berdedikasi dan memiliki jati diri (kepribadian) yang kuat dan insya Allah hebat kariernya kini dan masa depan, itu doa saya selaku senior Kahmi Bogor.

Demikian sekilas narasi, catatan kecil saya AA senior HMI-nya, yang bersilaturrahmi ke rumahnya di kawasan komplek Taman Darmaga Permai (TDP) blok 1, Cibanteng, Ciampea, Kabupaten Bogor, dan saya nyasar dan tersesat  jalan berkali-kali ke rumah tersebut, dan subhanallah baru sampai lk 3 jam perjalanan dari kampus IPB Darmaga ke TDP Cibanteng Ciampea, disebabkan  hp-ku sebagai sarana infokom mati, entah mengapa kok bisa heng?.

Setelah diperiksa di counter servis Hp di Bara Dramaga Bogor, ternyata hp-ku “overload”, baterai dan quota habis.

Terima kasih adinda Prof Dodik kita berkesempatan bersilaturrahmi pada bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan maghfiroh, dan mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan. Semoga Allah SWT senantiasa  memberkahi kehidupan kita, Amin.
Syukron barakallah
Wassalam

====✅✅✅

Penulis: Dr.Ir H.Apendi.Arsyad, M.Si
(Sekwanhat MD Kahmi Bogor, Dosen Senior dan Pendiri Universitas Djuanda Bogor, Pendiri dan Wasek Wankar ICMI Pusat merangkap Ketua Wanhat MPW ICMI Orwilsus Bogor, Pegiat dan Pengamat serta Kritikus Sosial melalui tulisan di media sosial)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles