30.6 C
Bogor
Monday, April 15, 2024

Buy now

spot_img

Kementan Dorong ASN BerAKHLAK Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia

jurnalinspirasi.co.id – Kementerian Pertanian mendorong para pejabat administrator Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib memiliki kompetensi dan values BerAKHLAK untuk percepatan mewujudkan birokrasi berkelas dunia atau World Class Bureaucracy melalui Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA).

Salah satu ciri birokrasi kelas dunia adalah pelayanan publik yang semakin berkualitas serta tata kelola yang semakin efektif dan efisien.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan core values “BerAKHLAK” wajib menjadi pondasi budaya kerja ASN yang profesional sehingga menuntut mereka untuk bekerja semaksimal mungkin.

“Untuk melaksanakan tugas ASN, perlu didukung oleh aparatur yang tidak hanya sekedar melaksanakan tugas namun juga harus profesional, kompeten, mandiri dan berdaya saing”, kata Dedi

Pelayanan publik yang dikelola dan dikendalikan dengan baik akan menjadi bagian integral dari upaya peningkatan kualitas kerja unit organisasi. Tantangan birokrasi yang semakin kompleks juga menuntut adanya perubahan kebijakan dan layanan di berbagai sektor agar dapat tetap melayani masyarakat secara optimal.

PKA bertujuan membentuk para pemimpin untuk memiliki kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja dalam pelaksanaan tugasnya, terutama dalam hal pelayanan publik, administrasi serta pembangunan pemerintahan.

Pelatihan resmi dibuka, Senin (18/3/2024) di Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) Ciawi, diikuti oleh 35 pejabat administrator lingkup Kementerian Pertanian.

Kepala BBPMKP Yusral Tahir mengungkapkan harapannya kepada para peserta agar nantinya mampu menjadi pemimpin yang kolaboratif, strategis, berkinerja pelayanan, serta adaptif dalam menghadapi cepatnya perubahan lingkungan serta menjadi sosok pemimpin transformasional yang dibutuhkan dalam unit organisasinya.

“Kita sebagai ASN Kementerian Pertanian harus mampu menjawab tantangan dan mewujudkan tata pemerintahan yang bersih, berwibawa, transparan, dan akuntabel serta selalu mengingatkan diri sendiri bahwa ASN hakikatnya merupakan pelayan masyarakat dan abdi Negara yang tugasnya adalah melayani dan bukan dilayani” ungkap Yusral.

PKA angkatan VIII Tahun 2024 diikuti berlangsung dari tanggal 18 Maret s.d. 14 Agustus 2024 mendatang secara hybrid (online dan offline).

(BBPMKP)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles