27.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Mengatasi Self-Harm: Langkah-Langkah Menuju Kesembuhan Mental

jurnalinspirasi.co.id – Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mengingatkan masyarakat tentang pentingnya mengatasi self-harm sebagai bentuk permintaan bantuan dalam menghadapi masalah kesehatan mental.

Dilansir dari Kemenkes, Sabtu (9/3/2024),  self-harm atau menyakiti diri sendiri secara sengaja dapat menjadi tanda ketidakmampuan dalam mengatasi tekanan atau kesulitan emosional.

Self-harm dapat termanifestasi dalam berbagai cara, seperti melukai diri sendiri dengan benda tajam, memukul diri, atau bahkan melalui ketergantungan pada aktivitas yang merugikan diri sendiri, seperti bermain game atau mengonsumsi narkoba.

Untuk mencegah self-harm, penting untuk mengenali pemicunya dan mencari kegiatan atau aktivitas positif yang dapat membantu menenangkan pikiran dan perasaan yang tidak nyaman. Ini bisa termasuk olahraga, menulis jurnal, atau berbicara dengan orang yang dekat.

Jika terjadi keinginan untuk melakukan self-harm, sangat penting untuk tenang dan mencari bantuan dari orang terdekat atau tenaga profesional kesehatan jiwa. Konsultasi dengan profesional kesehatan jiwa adalah langkah penting dalam mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Masyarakat yang membutuhkan bantuan dapat menghubungi layanan kesehatan jiwa Kemenkes melalui D’patens24, layanan hotline 24 jam yang dapat diakses melalui WhatsApp atau telepon. Ini adalah langkah penting dalam memberikan dukungan psikososial dan bantuan bagi individu yang membutuhkannya.

Kemenkes mengingatkan bahwa self-harm adalah sebuah panggilan bantuan. Dengan mendukung satu sama lain dan mencari bantuan dari profesional kesehatan jiwa, kita dapat membantu individu yang mengalami kesulitan emosional dan mencegah terjadinya tindakan yang merugikan diri sendiri.

(ocha lubianti/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles