23.6 C
Bogor
Friday, April 12, 2024

Buy now

spot_img

Indonesia Segera Kirim Bantuan ke Gaza Lewat Udara

jurnalinspirasi.co.id – Presiden Joko Widodo memulai kunjungan kerjanya di Jawa Timur pada Jumat (08/03/2024) dengan mengunjungi Pangkalan TNI AU Iswahjudi di Kabupaten Magetan untuk meninjau alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI.

Presiden Joko Widodo

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo untuk melihat kesiapan tiga pesawat tempur TNI AU, termasuk dua pesawat F-16 dan satu pesawat T-50.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa pemerintah Indonesia akan segera mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Gaza. Bantuan tersebut akan disalurkan menggunakan pesawat Hercules melalui jalur udara.

“Kita tadi melihat peragaan ngedrop bantuan yang akan kita segera lakukan di Gaza karena Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke Gaza, ke rakyat Palestina dengan lewat udara karena lewat darat sudah sulit,” ujar Kepala Negara RI, Joko Widodo, dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu (09/03/2024).

Dalam simulasi tersebut, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

“Tadi kita coba terlebih dahulu kira-kira akan seperti apa dengan menggunakan pesawat Hercules dan ini akan segera kita bawa bantuan ke Gaza dan di-drop dari udara dengan pesawat Hercules kita. Tadi sudah disimulasi dan saya melihat hasilnya baik,” jelas Presiden RI.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo menyatakan bahwa tindakan dropping tersebut dapat dilaksanakan baik dalam konteks operasi perang maupun di luar kondisi perang.

“Kami melaksanakan kegiatan dropping ini bisa digunakan operasi perang maupun operasi militer selain perang,” ujar KSAU, Marsekal Fadjar Prasetyo.

Pemerintah Indonesia terus berkomitmen dalam memberikan bantuan kepada warga Palestina, dengan harapan dapat membantu meringankan penderitaan yang dialami oleh penduduk di Gaza.

(lia puspitasari/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles