26.2 C
Bogor
Sunday, July 21, 2024

Buy now

spot_img

KPI Girls Talk Urai Problematika Umat Saat Ini dan Peran Pemuda Dalam Islam

jurnalinspirasi.co.id – Untuk menjalankan program keputrian mingguan, pengurus KPI GIrls Talk (KGT) mengisi kegiatan dengan muhadhoroh di lantai 4 Fakultas Agama Islam, UIKA Bogor, Jumat (8/3/2024).

KPI Girls Talk merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap Jumat pukul 11.30 – 13 00 oleh mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIKA Bogor.

Dalam agenda muhadhoroh, tema yang diambil bertajuk Problematika Umat Saat Ini dan Peran Pemuda Dalam Islam. Materi diisi oleh Jahidah Farhati, Lc, alumni berprestasi Universitas Al Azhar, Kairo.

Dalam penyampaian materi, narasumber mengawali materi dengan sejarah keterlibatan pemuda dalam cerita Ashabul Kahfi, peristiwa Rengasdengklok, dan tampuk kepemimpinan yang dipegang oleh Usamah bin Zaid.

“Ashabul Kahfi, mereka adalah sekelompok pemuda yang berani melawan kediktatoran dan kezhaliman pemerintah. Pada peristiwa Rengasdengklok, kalau pemuda tidak menculik Soekarno pada saat itu maka Indonesia tidak akan merdeka pada 17 Agustus 1945, dan Pada perang mut’ah melawan Romawi, kala itu Usamah bin Zaid menjadi panglima perang di usianya yang ke-18 tahun”

Lebih lanjut, Jahidah membahas karakteristik pemuda muslim, keadaan umat hari ini, serta pemuda sebagai agen perubahan.

“Pemuda harus memiliki 3 karakteristik, yaitu daya kritis yang baik, keyakinan tauhid yang kuat, dan tubuh yang sehat dan kuat. Keadaan muslim hari ini Ghazwul fikri di kalangan pemuda, degradasi moral, hilangnya norma dan etika ketimuran, salah menentukan idola atau role model utama. Dan pemuda sebagai agent of change yang harus dilakukan adalah set up your mind, pandai memilih circle, memulai dari diri sendiri, memulai dari hal kecil, memulai dari sekarang, dan senantiasa memohon taufik kepada Allah,” jelasnya.

Kegiatan muhadhoroh berjalan lancar, dan ditutup dengan Cucurak bersama menyambut bulan suci Ramadhan.

(maria ulfah/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles