33 C
Bogor
Wednesday, July 24, 2024

Buy now

spot_img

Jalan Ace Tabrani Ambles

jurnalinspirasi.co.id – Akibat cuaca buruk yang terjadi beberapa hari terakhir ini, Jalan Ace Tabrani ruas Panjaungan-Curugbitung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor mengalami pergeseran dan ambles.

Anggota DPRD Komisi III Nurodi Jaro Peloy mengatakan, kondisi amblesnya jalan menuju Desa Cugugbitung, Malasari, Cisarua dan Desa Bantarkaret serta alternatif menuju Desa Kiarasari Kecamatan Sukajaya bahkan Sukabumi itu, saat ini cukup mengkhawatirkan.

Dia meminta perbaikan untuk segera dilakukan karena jalan tersebut mengalami keretakan memanjang hampir memutuskan akses jalan utama bagi warga. 

“Ini akses utama menuju beberapa desa tentu ini harus jadi perhatian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), harus ada upaya kongkrit, tidak hanya plang PUPR saja. Tapi harus ada eksen ril karena ini diakibatkan oleh suatu bencana,” katanya, Rabu (21/02/2024).

“Kehadiran disana harusnya kode eksen entah itu diturap atau apalah yang penting penanganannya segera dilakukan,” kata pria yang akan kembali duduk di kursi DPRD Kabupaten Bogor Periode 2024-2029 dari Partai PKB itu.

Dia menjelaskan, terjadinya amblesnya jalan tersebut terjadi pada Minggu (18/2/2024). Dalam bencana ini ada  Bantuan Tanggap Darurat (BTD), karena akses ini kalau terputus maka itu akan putus juga roda perekonomian.

“Saya berharap ini harus segera gerak cepet lihat potensi seperti ini, bisa terbayang karena kalau sampai putus roda perekonomian bisa terpengaruhi,” jelasnya.

Meski saat ini ada masyarakat yang setiap hari, mengatur lalulintas dan diperbaiki dengan cara diuruk seadanya. Tetapi Ini harus ada tangan yang luar biasa dari tangan pemerintah, dalam hal ini dinas PUPR harus mengambil segera langkah kongkret.

Dia membeberkan, tak hanya di satu titik, jalan penghubung tersebut ada dua titik yang ambles, di jalan sebelumnya, yang sudah dilakukan perbaikan namun amblas kembali.

Kata dia, kerusakan  tersebut harus dibuat perencanaan yang matang atau dibuatkan jembatan sehingga penanganannya tidak hanya itu-itu aja.

“Ini harus berpikir untuk jangka panjang dengan cara membuat perencanaannya yang baik, jangan sampai tertunda lagi, karena kalau hanya di buatkan darurat hari ini terjadi pasti terjadi lagi,” pungkasnya.

(andres)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles