27.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Hari Peduli Sampah Nasional 2024 Aksi Peduli Pentingnya Pengelolaan Sampah

jurnalinspirasi.co.id – Pada setiap 21 Februari, masyarakat Indonesia memperingati Hari Peduli Sampah Nasional sebagai momen penting untuk meningkatkan kesadaran akan masalah sampah yang terus tumbuh di Tanah Air.

Dilansir dari liputan6.com, Rabu (21/2/2024), menurut Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) KLHK, pada tahun 2023, timbunan sampah nasional mencapai 17,441,415.28 ton/tahun. Meskipun 66.47% dari total sampah telah berhasil dikelola dengan jumlah 11,593,192.83 ton/tahun, masih terdapat 33.53% sampah sebanyak 5,848,222.45 ton/tahun yang belum terkelola dengan baik.

Dalam upaya mengatasi permasalahan ini, pemerintah dan berbagai pihak terkait telah menyiapkan serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2024. Melibatkan masyarakat secara aktif diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah. Beberapa kegiatan menarik yang direncanakan melibatkan partisipasi aktif masyarakat antara lain:

1. Aksi Pembersihan Lingkungan

   Masyarakat di seluruh Indonesia diajak untuk berpartisipasi dalam aksi pembersihan lingkungan, seperti pantai, sungai, atau area publik lainnya. Ini melibatkan pengumpulan dan pembuangan sampah secara tepat, serta mengurangi penggunaan plastik sekali pakai untuk mengurangi sampah yang dihasilkan.

2. Sosialisasi tentang Daur Ulang Sampah

   Pentingnya daur ulang sampah ditekankan melalui sosialisasi dan edukasi. Pemerintah dan organisasi lingkungan berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang cara yang tepat untuk daur ulang sampah, menghemat sumber daya alam, dan mengurangi jumlah sampah.

3. Workshop Kreatifitas dari Bahan Daur Ulang

   Masyarakat diajak untuk mengubah bahan daur ulang menjadi karya seni dan produk bernilai ekonomi. Kertas, plastik, logam, dan kaca bekas dijadikan bahan untuk kerajinan tangan, dekorasi, atau produk lainnya, yang di mana akan memberikan dampak positif tidak hanya pada lingkungan tetapi juga dalam membuka peluang usaha baru.

Melalui serangkaian kegiatan ini, diharapkan Hari Peduli Sampah Nasional 2024 tidak hanya menjadi perayaan, tetapi juga menjadi momentum untuk perubahan nyata dalam sikap dan tindakan masyarakat Indonesia dalam menghadapi tantangan besar pengelolaan sampah. Dengan bersatu tangan, masyarakat diharapkan dapat menjaga kebersihan lingkungan dan membentuk masa depan yang lebih berkelanjutan.

(aliya noermawati/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles