22.6 C
Bogor
Saturday, July 27, 2024

Buy now

spot_img

Warga Kampung Adat Urug Antusias Nyoblos, Kades: Seperti Lebaran

jurnalinspirasi.co.id – Ribuan masyarakat adat di Kampung Urug, Desa Urug, Sukajaya, Kabupaten Bogor antusias datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024, Rabu (14/02/2024). Seperti diketahui, Desa Urug mayoritas masyarakatnya masih terus mempertahankan tradisi adat dan budaya.

Kepala Desa Urug Sukarma mengatakan, di wilayah desanya Pemilu lima tahunan ini bukan hal yang baru bagi masyarakat adat. Bahkan pesta demokrasi tersebut dianggap seperti lebaran yang mana masyarakat pekerja di luar daerah akan pulang ke kampung halamannya.

“Warga masyarakat antusias dalam pemilu ini, bahkan masyarakat yang bekerja di luar mereka pada pulang kampung, seperti lebaran aja,” katanya.

Dia menjelaskan, tidak sulit mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pemilu. Karena banyaknya kegiatan di kampung adat tersebut memudahkan sosialisasi tentang pemilu kepada masyarakat adat.

“Masyarakat sudah pada paham akan dengan pemilu ini. Alhamdulillah kami di setiap kegiatan baik seperti di majlis ta’lim, pengajian maupun dalam kegiatan adat. Kita sosialisasikan dan mengajak  mensukseskan tentang pemilu,” jelasnya.

“Sejak dari dulu juga masyarakat sudah ikut pemilu. Meski di desa urug mayoritas  masyarakatnya adat tapi tidak seperti Baduy dalam,” tambahnya.

Sekitar ada 3.607 DPT di desanya dengan 18 TPS. Kades Sukarma sebelumnya telah menghimbau kepada masyarakat tentang pemilu ini untuk menentukan pemimpin lima tahun kedepan Indonesia. Karena nasib bangsa Indonesia ini ada di tangan rakyat.

“Pemilu di Kampung Urug tidak ada bedanya dengan masyarakat luar Urug. Bedanya di Kampung Urug itu ada kegiatan tradisi yang tidak bisa ditinggalkan, salah satunya Seren Taun maupun sedekah bumi di Urug masih bertahan budaya-budaya adat leluhur kita ini,” pungkasnya.

(andres)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles