28.2 C
Bogor
Tuesday, February 27, 2024

Buy now

spot_img

Waduh, 451 Titik TPS Rawan Bencana

jurnalinspirasi.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebut bahwa sebanyak 451 titik Tempat Pemungutan Suara (TPS) rawan bencana alam.

“Ada 451 titik yang memiliki potensi bencana itu berdasarkan hasil mitigasi BPBD terhadap bencana alam yang terjadi di Kota Bogor dalam kurun waktu dua tahun kebelakang,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Hidayatulloh.

Hal itu, kata dia, berdasarkan hasil mitigasi terhadap 2.193 TPS yang mengacu kepada kebencanaan di 6 kecamatan dan 68 kelurahan di Kota Bogor.

Menurutnya, 451 titik itu tersebar di Kota Bogor, diantaranya 115 titik di wilayah Bogor Selatan, 98 di Kecamatan Bogor Barat, 79 di Bogor Utara, 68 di Tanah Sareal, 61 di Bogor Tengah dan 30 titik di Bogor Timur.

“Titik-titik tersebut merupakan wilayah yang berpotensi bencana, misalnya pernah terjadi puting beliung, banjir lintasan dan longsor. Ini menjadi rujukan kami berdasarkan hasil mitigasi yang mengacu pada kejadian bencana dalam kurun waktu dua tahun kebelakang,” jelasnya.

Kata dia, data yang dimiliki BPBD ini pun, akan disebar ke aparatur wilayah mulai camat, lurah, PPK hingga petugas KPPS.

“Sebagai antisipasi pihaknya menyarankan untuk digeser ke tempat yang lebih aman, misalnya ke madrasah maupun sekolah-sekolah,” ucapnya.

Kendati demikian, ia menyebut bahwa hal itu dapat dilakukan jika kondisi cuaca pada saat mendekati hari pencoblosan sedang tidak baik-baik saja.

“Bogor ini salah satu daerah yang memiliki rawan bencana cukup tinggi, dalam setahun saja ada 1.011 kejadian dan ini menjadi rujukan kita. Kemudian prediksi BMKG terkait curah hujan yang cukup tinggi akan terjadi hingga Maret 2024,” tandasnya.* Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles