31 C
Bogor
Wednesday, February 28, 2024

Buy now

spot_img

Libatkan Masyarakat dalam Sistem Reklamasi Berkelanjutan, SBI Pabrik Narogong Raih Penghargaan dari Kementerian ESDM

Klapanunggal | Jurnal Bogor
PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Narogong, anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, kembali menorehkan pencapaian gemilang dengan meraih penghargaan “Tamasya Award” (Tambang Menyejahterakan Masyarakat), kategori Implementasi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia di Jakarta, 8 Desember 2023.

Dalam penghargaan kali ini, SBI Pabrik Narogong berhasil mengoptimalkan kinerja tanggung jawab sosial perusahaan khususnya di bidang lingkungan yang menggabungkan potensi-potensi di lahan reklamasi dengan program kemitraan bersama masyarakat sekitar area operasional melalui program MAS SOLTAN (Sistem Reklamasi Tambang yang Berdampak Sosial dan Berkelanjutan).

Program yang berbasis pada pertanian terpadu (integrated farming) ini turut melahirkan 7 kelompok binaan (3 kelompok tani, 1 kelompok ternak, 1 kelompok penyulingan dan 2 kelompok olahan atsiri) dari 4 Desa sekitar operasional perusahaan untuk mempelajari sistem agroforestry, penggemukan sapi, pengolahan produk turunan atsiri, pemanfaatan lahan kritis dengan budidaya sorghum serta pemanfaatan mikoriza pada media tanaman di lahan reklamasi.

General Manager SBI Pabrik Narogong, Erwin Halomoan Purba mengatakan kesuksesan ini tidak terlepas dari kerja keras, kreativitas dan kolaborasi lintas fungsi/departemen yang terus mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam setiap proses bisnis Perusahaan.

“Ini merupakan bagian dari komitmen Perusahaan untuk terus berinovasi dan memberikan solusi yang bernilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan demi mewujudkan target Pembangunan Berkelanjutan 2030,” tutur Erwin.

Tentang PT Solusi Bangun Indonesia Tbk
PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perseroan terbuka yang mayoritas sahamnya (83,52%) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) – bagian dari grup PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG.

Perseroan menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, agregat dan layanan pengelolaan limbah yang mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2.000 orang.

(nay nur’ain)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles