31.2 C
Bogor
Friday, February 23, 2024

Buy now

spot_img

Bank Sampah Bersinar Raih Juara 1 dalam Bank Sampah Award PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk 2023

Klapanunggal | Jurnal Bogor
Bank Sampah Bersinar Desa Bantarjati, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor menjadi Juara 1 dalam Penganugerahaan Bank Sampah Award 2023 yang dilaksanakan di Taman Wisata Balekambang, RT 04/02, Kamis (30/11/23).

Ketua Bank Sampah Bersinar, Rubangi mengatakan, bank sampah memiliki peran strategis sebagai sarana edukasi, instrumen perubahan perilaku masyarakat dan modal penerapan ekonomi sirkular di Indonesia dalam rantai nilai pengelolaan sampah.

“Syukur alhamdulillah Bank Sampah Bersinar mendapatkan juara satu dari penganugerahan Bank Sampah Award 2023. Ini merupakan kali pertama kami mengikuti ajang ini dan langsung menjadi juara. Penganugerahan ini merupakan apresiasi atas upaya yang telah kami jalankan dalam menerapkan prinsip-prinsip CSR,” kata Rubangi kepada Jurnal Bogor.

Rubangi juga mengapresiasi kepada PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk yang sudah konsisten dalam menyalurkan CSR-nya. Sehingga lembaga yang ada di desa bisa menjalankan poksinya untuk benar-benar berperan di masyarakat. Seperti halnya rekan-rekan di bank sampah yang sudah rela meluangkan waktunya untuk mengangkut sampah keliling di masyarakat.

“Dengan meraih juara 1 agar seluruh anggota Bank Sampah Bersinar lebih semangat dan bisa lebih mengembangkan prestasi kinerjanya,”harap Rubangi.

Sementara, tim CSR PT Indocement Tbk Yadi R mengatakan, dengan mengadopsi konsep pengelolaan sampah berbasis masyarakat, merupakan program CSR pengelolaan sampah terpadu berbasis investasi pertama di Kabupaten Bogor dan program ini dilakukan di 12 desa binaan.

Melalui program ini, sambung Yadi, CSR PT Indocement Tbk menginisiasi sejumlah kegiatan inovatif dan bekerja sama dengan pemerintah desa serta kelompok masyarakat untuk mengatasi permasalahan lingkungan dan sosial. Kelompk-kelompok bank sampah ini menjalin sinergi, berkolaborasi, dan berkomitmen dalam mendukung terwujudnya ekonomi berkelanjutan.

“CSR PT Indocement Tbk juga memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah rumah tangga hingga pelatihan pengolahan sampah organik. Selain itu, dilakukan pula kolaborasi dengan bank sampah untuk mengelola sampah non-B3 dari perusahaan menjadi produk bernilai ekonomi yang dilandasi dengan identifikasi permintaan pasar,” pungkas Yadi mengakhiri.

(andi /nay)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles