31.2 C
Bogor
Friday, February 23, 2024

Buy now

spot_img

Kades yang Juga Ketua TKSK Cibungbulang Prioritaskan Masalah Sosial

Cibungbulang | Jurnal Bogor
Kepala Desa Cimanggu 2 Edi Sukarya yang masih menjabat sebagai Ketua Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Cibungbulang, Rabu (29/11/2023), memberikan bantuan kursi roda kepada warganya bernama Titin (60) yang sakit lumpuh akibat stroke dan jantung.

Kata Jaro Edi, panggilan akrabnya, bantuan tersebut merupakan perhatian Pemdes Cimanggu 2 dalam rangka menerapkan program unggulan desa pada peningkatan kesejahteraan sosial masyarakatnya.

“Sebetulnya kursi roda untuk ibu Titin ini sifatnya hanya berupa bantuan pinjam pakai saja yang nantinya kursi roda tersebut dapat bergulir kepada warga lainnya yang membutuhkan,” kata Edi Sukarya kepada Jurnal Bogor, Rabu (29/11/2023).

Dalam beberapa bulan ini sambung Jaro Edi, Pemdes Cimanggu 2 sudah mampu membeli 3 kursi roda yang semuanya sedang digunakan oleh warga yang membutuhkan.

“Mengingat saya masih menjabat sebagai Ketua TKSK Cibungbulang, maka masalah kesejahteraan sosial sudah menjadi program unggulan di Desa Cimanggu 2,” beber Kades Edi yang mengaku masa jabatannya sebagai Ketua TKSK Cibungbulang akan berakhir pada pertengahan Desember 2023.

Selain itu tambah Kades, Desa Cimanggu 2 juga memiliki dua unit kendaraan utama, dimana satu unit kendaraannya dipakai untuk keperluan ambulan desa dan satu unitnya lagi untuk mobil Desa Siaga.

“Namun sampai saat ini kami masih hanya memilik satu sopir saja untuk pengoperasian mobil ambulan dengan gaji Rp 500 ribu/ bulan. Dan bagi warga yang sewaktu waktu membutuhkan,  bisa langsung menghubungi sopir desa dalam waktu 24 jam,” katanya. 

Kades menambahkan, sopir ambulan desanya juga sudah diberi bekal pengetahuan mengikuti pelatihan peningkatan Kapasitas Krew Ambulan dan sopir mobil Siaga Desa di kantor Kecamatan Cibungbulang, tujuannya agar sopir ambulan desa punya bekal pengetahuan dan keterampilan soal mobil dan soal kondisi warga yang sakit yang akan dibawa ke rumah sakit.

“Langkah ini dilakukan, sesuai dengan visi misi kades, yakni memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” tandasnya.

Ketua RT 4 Agus yang warganya bernama Titin mendapat bantuan pinjam pakai kursi roda menyatakan rasa syukur, karena kini program Pemdes Cimanggu 2 pimpinan Kades Edi Sukarya, banyak mengedepankan masalah kesejahteraan sosial kepada warganya.

“Kami dan warga hanya bisa mengucapkan terimakasih karena Desa Cimanggu 2 lebih mengutamakan masalah kesejahteraan sosial kepada warga,” pungkasnya.

Sementara dalam sepekan ini, Jaro Edi juga sudah membentuk PEKA alias Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga yang anggotanya terdiri dari para janda maupun yang perempuan yang masih ada suaminya yang nota bene sebagai tulang punggung pencari nafkah bagi keluarganya.

(bayup)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles