27.6 C
Bogor
Friday, February 23, 2024

Buy now

spot_img

Keren, Hasil Gotong Royong Jembatan Kp Cireundeu Bisa Terbangun

Jonggol | Jurnal Bogor
Ditengah gempuran sistem kerja yang terkadang harus membuat sebagian kepala desa berpikir keras dalam pengelolaan anggaran, tak jarang sebagian kecil dari mereka harus berurusan dengan hukum karena terjebak dalam sistem tersebut. Namun lain hal yang terjadi di Desa Singasari, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor.

Kepala Desa Singasari Euis Sujana yang merupakan putri dari alm. Kades Cakra, ditengah gempuran sistem justeru berhasil membangkitkan semangat gotong royong masyarakatnya dengan membangunkan jembatan yang sudah puluhan tahun menjadi lintasan warga Kp Cireundeu.

“ Jadi jembatan ini menjadi jalur hilir mudiknya warga Kp. CIreundeu. Sudah dalam kurun waktu puluhan tahun mereka melintasi jembatan yang terbuat dari batang pohon kelapa tersebut sebagai lintasan, dan alhamdulilah saat saya mendapatkan aduan dan keluhan dari warga, saya coba kumpulkan warga dan berdiskusi hingga kini jembatan itu sudah terbangun,” ungkap Euis sapaan akrabnya kepada Jurnal Bogor, Senin (13/11/23).

“ Alhamdulilah, dengan terciptanya kebersamaan dan gotong royong ini, jembatan untuk warga Kp Cireundeu RT 001/RW 004 dengan volume P.4,5 m x L.3 m x T.20 cm berhasil dibangun dengan cara swadaya masyarakat,” tutur Euis.

Dia berharap hal-hal seperti ini bisa terwujud di kampung lain khususnya Desa Singasari. Mengingat, dengan keterbatasan anggaran yang didapatkan oleh desa tidak bisa mengkaver semua kebutuhan pembangunan dalam waktu cepat.

“ Dengan terbangunnya jembatan ini, semoga bisa lebih mempermudah aktivitas warga. Dan yang paling penting ialah semangat gotong royong harus terus tertanam dalam diri setiap warga khususnya Desa Singasari,” tandasnya.

Sementara, salah satu warga Kp. Cireundeu Amirullah (45) mengucapkan terimaksih kepada Kepala Desa Singasari Euis Sujana yang sudah membangun jembatan di kampungnya. Mengingat, kondisi jembatan seperti ini hanya dengan menggunakan batang pohon kelapa sudah berlangsung lebih dari 20 tahun, dan baru kali ini tersentuh pembangunan.

“ Terimakasih kepada kepala desa, semoga sehat selalu dan bisa mewujudkan impian masyarakat untuk memiliki infrastruktur lebih baik lagi, dan untuk semua warga yang terlibat saya berharap kebersamaan gotong royong seperti ini bisa terus terjalin baik saat ini maupun bagi generasi mendatang,” pungkasnya penuh harap.

(nay nur’ain)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles