27.7 C
Bogor
Friday, March 1, 2024

Buy now

spot_img

Belajar Sambil Bermain, Anak-anak Pasirgintung Diingatkan Sejarah Perjuangan Pahlawan

Nanggung | Jurnal Bogor
Untuk mengenal dan mengenang jasa para pahlawan, anak-anak di wilayah Kampung Pasir Gintung, Desa Batutulis, Nanggung, Kabupaten Bogor melakukan berbagai kegiatan di momen peringatan Hari Pahlawan, Jumat (10/11/2023).

Sesuai dengan tema yang diusung “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan” mereka melakukan perlombaan cerdas cermat yang diikuti peserta anak – anak yang bertempat tinggal di sekitar Lapangan Pemersatu Pasirgintung.

Antusias yang besar dari anak-anak tersebut dapat dilihat dari komitmen mereka untuk melanjutkan program metode belajar sambil bermain.

“Selain diisi dengan materi, kegiatan ini juga  melakukan dengan permainan yang ditujukan agar anak-anak dapat belajar sambil bermain,” kata salah satu penggas kegiatan tersebut Wiska Fredinda.

Dia menjelaskan, Hari Pahlawan ini diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan serta tragedi pada 10 November 1945 di Surabaya. Pada saat itu terjadi pertempuran besar di Surabaya antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris.

“Meskipun Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya, namun bentrokan bersenjata antara rakyat dan tentara Inggris di Surabaya tetap terjadi. Bentrokan tersebut memuncak Brigadir Jenderal Mallaby (Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa Timur) terbunuh pada 30 Oktober 1945,” jelasnya.

Wiska mengingatkan peristiwa sejarah bangsa harus diingat agar bisa memberikan harapan sama seperti pahlawan.

“Agar anak-anak, supaya mereka mengenal dan mengenang jasa-jasa pahlawan, mungkin mereka tidak ikut berjuang bersama pahlawan, tapi mereka turut menghargai, kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi anak-anak dalam memperingati Hari Pahlawan,” katanya.

Ragam kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Pemersatu mendapat respons positif, baik dari masyarakat, pemerintah desa setempat begitu juga pihak perusahaan BUMN PT Antam Pongkor.

“Kegiatan ini cukup bagus, kita harapkan  masyarakat Pasirgintung  khususnya anak-anak mendapatkan pemahaman dan membangun kesadaran mengenai pentingnya menanamkan nilai-nilai pahlawan, menghargai Jasa para pahlawan,” kata Asisten Manager PT Antam Pongkor Edi Ayuba.

“Sehingga mulai sejak usia dini anak-anak mengetahui secara sadar. Bahwa menanamkan nilai kepahlawan adalah bentuk pengabdian kita sebagai pahlawan masa kini untuk mengenangkan jasa-jasa para pahlawan,” tambahnya.

Bahkan, kata dia waktu dekat ini pihaknya akan menemui masyarakat Pasirgintung. Selain mengapresiasi gagasan masyarakat, juga ada beberapa usulan yang selaras dengan program CSR PT Antam.

(andres)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles