28.5 C
Bogor
Saturday, July 27, 2024

Buy now

spot_img

APIP Masih Investigasi Kerugian Uang Negara di Desa Cidokom dan Banyuresmi

Cigudeg | Jurnal Bogor
Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Inspektorat Kabupaten Bogor masih melakukan investigasi terhadap dua desa yakni Desa Cidokom, Gunungsindur dan Desa Banyuresmi, Cigudeg yang diduga telah merugikan uang negera.

“Desa Banyuresmi dan Cidokom saat ini masih dalam proses,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab kepada wartawan, Selasa (07/11/2023).

Renaldi menyampaikan bahwa pihak Inspektorat sedang melakukan proses penyelidikan.

“Teman di Inspektorat sedang bekerja untuk menghitung kerugian yang memang terjadi di kedua desa tersebut,” katanya.

Menurut dia, ada ketentuan, prosedur dan proses masyarakat yang pihaknya representasikan dengan BPD, nanti setiap usulan kades termasuk kinerja bisa melalui tahapan oleh BPD.

“Karena didalam regulasi pengangkatan dan pemberhentian kepala desa saat ini harus usulan BPD, tinggal mereka komunikasi dengan camat dan pemantauan agar semua bisa terpenuhi,” katanya.

Jadi kata dia, terkait polemik di Desa Banyuresmi soal mosi tidak percaya yang dilayangkan masyarakat itu bisa menjadi acuan pemberhentian kepala desa.

“Tata cara penggantian kades bisa meninggal dunia, mengundurkan diri atau juga semua usulan dari BPD,” katanya.

Intinya kata dia, proses investigasi yang dilakukan oleh APIP terhadap persoalan yang muncul di Desa Banyuresmi masih berlanjut.

“Pemeriksaan masih berjalan untuk Banyuresmi,” pungkasnya.

(andres)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles