31.2 C
Bogor
Friday, February 23, 2024

Buy now

spot_img

Bisnis Ikan Hias di Bogor Masih Sepi

Ciomas | Jurnal Bogor
Sejumlah pedagang ikan hias di Pusat Promosi dan Pemasaran Produk Non Konsumsi Laladon, Desa Laladon, Ciomas, Kabupaten Bogor mengeluhkan masih sepi pembeli pasca-Covid 19 tahun ini.  Akibatnya, beberapa usaha mereka gulung tikar.

“Sudah lebih dari enam bulan pasca-Covid berlalu, kios-kios ikan hias kami di Laladon sudah jarang didatangi pembeli. Meskipun ada, itupun tak seberapa jumlahnya,” kata Minan, pedagang ikan Hias Laladon kepada Jurnal Bogor.

Sementara di masa masa pandemi Covid dulu kata dia, anehnya, tingkat penjualan justru meroket dan menguntungkan. “Waktu pandemi Covid, pendapatan saya sehari, bisa mencapai Rp 1 juta, tapi sekarang, paling banter cuma Rp 150 ribu saja,” ungkapnya.

Minan menambahkan, meski kini seluruh kios di Laladon sudah dipenuhi lagi oleh para pedagang yang menjual aneka ragam ikan hiasnya, serta menjual aneka akuarium, berikut aneka pernak pernik perlengkapannya.

“Tetap saja tidak bisa mendongkrak jumlah pengunjung yang datang ke kios kami,” bebernya.

Kata Minan lagi, meskipun lokasi Pusat Promosi dan Pemasaran Produk Non Konsumsi di Laladon tersebut adalah milik pemerintah, yakni dibawah pengelolaan Kantor Dinas Peternakan Kabupaten Bogor, namun para pedagang yang menempati 30 kiosnya, tidaklah gratis.

“Kami semua bayar sewa dengan harga murah setahun Rp 1,8 juta, sedangkan listrik dan air ledeng, beda lagi, karena pembayarannya kita setor ke Koperasi. Nah, meski sewa kiosnya murah, tapi tetap saja kalau pengunjungnya sepi, dapur kami di rumah bisa ambyar tidak ngebul,” tukasnya.

Dede, pedagang ikan hias Pasar Kebon Kembang (Pasar Anyar) Kota Bogor mengeluhkan hal sama.

“Bisnis ikan hias pasca-Covid di tahun politik sekarang ini, bukannya membawa untung, tapi malah buntung, pembeli sepi modal juga sulit kembali,” pungkasnya.

** Bayup

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles