31.9 C
Bogor
Thursday, May 16, 2024

Buy now

spot_img

Pulkam ke Cerenti yang Bermakna

jurnalinspirasi.co.id – Waalaikumsalam, dan terima kasih kembali onga EA atas kabar baik, apresiasi dan doanya, selama adinda pulang ke kampuang (pulkam) di Cerenti, Kuansing Riau, dari sejak Rabu 18 Oktober hingga Ahad 22 Oktober 2023, perjalanan dan berbagai aktivitasnya, cukup lancar dan bermakna,  alhamdulillah.

Bermakna maksudnya adalah kehadiran saya di kampung di tengah-tengah para dunsanak (kerabat), insya Allah bisa memberikan energi dan aura positif atas hasil  bersilaturrahmi dengan para sanak keluarga, disertai aktivital amal sosial, hidup berbagi antar sesama, karena niat mendapat Ridho Allah SWT.

Hidup bermakna juga dapat kita artikan, sebagaimana firman Allah SWT bahwa manusia yang beruntung itu, adalah orang-orang yang memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang-orang terdekatnya.

Jujur adinda AA sampaikan kepada onga EA bahwa pulkam ke Cerenti, kali ini sungguh menyenangkan dan bersyukur kepada Allah SWT atas berkat dan rahmat-Nya diberikan nikmat kesehatan dan tezeki, sehingga saya bisa baliak ke negeri tempat dilahirkan, dididik dan dibesarkan oleh orangtua dan para kerabat.

Pulkam Cerenti pada pertengahan Oktober 2023 ini, tetutama ingin berziarah ke pemakaman kakaku yang tertua alm.Haji.Baidar (85 thn) yang berpulang ke rahmatullah sebulan yang lalu di Desa Kampung Baru Timur Kecamatan Cetenti. Waktu itu kesehatan saya agak terganggu, tidak bisa pulkam untuk takziah, alhamdulillah bisa dipenuhi saat ini, pertengahan Oktober 2023, pulkam sendirian.

Selama berada di kampung, selain menjalankan kegiatan pokok, juga sempat berkeliling kampung, melihat perkembangan pembangunan nagori. Ada beberapa proyek pembangunan fisik yang hampir salesai yaitu Rumah Adat Kecamatan yang sempat mangkrak di Desa Kampung Baru beberapa tahun, kini bangunan Rumah Adat Cerenti hampir selesai.

Bangunan Rumah Adat tersebut cukup menarik, cukup megah dan arsitekturnya indah menawan dipandang mata. Kehadiran Rumah Adat, hendaknya membuat Lembaga Masysrakat Melayu (LAM) Cerenti lebih berperan dan berfungsi menjalankan tugas-tugas pembinaan masyarakat Cerenti, agar berkehidupan berkebudayaan, berdat dan beradab.

LAM Cerenti paling tidak berfungsi menjaga kesatuan masyarakat, menyebarkan dan mendidik sistem nilai dan norma adat istidat masyarakat Melayu Islam Cerenti, yakni adat bersendi syara dan syara bersendi Kitabullah (Al Quran dan Assunnah), dan fungsi lainnya mengawasi pola berperilaku para pemangku masyarakat adat agar tidak menyimpang dan dilanggar, yang bisa merusak tatanan adat masyarakat Cerenti yang agamis (socio religous).

Atas informasi yang adinda AA terima, maka saya tak hentinya berdoa, semoga onga sekeluarga senantiasa pula dalam lindungan dan pertolongan Allah SWT, dan diangkat segala penyakitnya oleh Allah SWT sehat dan pulih kembali kesehatannya.

Adinda AA sekarang dalam perjalanan pulang  naik pesawat udara Super Air Jet ke Jakarta, kemudian langsung ke rumah di Ciawi, Bogor. Tadi malam menginap, transit di rumah onga Haji Hasbi Ali di perum Bumi Sejahtera, Jln Engku Bay, daerah Simpang tiga kota Pekanbaru (Pku), insya Allah Ahad sore ini pkl 17.45 wib pulang ke  Jakarta, kemudian terus ke Bogor menumpang bus Damri. Mohon doanya, insya Allah perjalanannya aman dan nyaman, serta menyenangkan, insya Allah,

Sekedar info buat onga EA, Alhamdullillah, agenda acara adinda AA pulkam Cerenti yang telah direncanakan, terlaksana semua dengan  baik dan sukses, diantaranya seperti berziarah ke makam onga H.Baidar di TPU tanah Wakaf Desa Kp.Baru Timur, dan makan ayah dan ibu (omak) di TPU tanah Wakaf Masjid Jamiak Al Mukmin Desa Kp.Baru timur. Berikutnya Kamis  malamnya dilaksanakan doa, berzikir tahlilan- membaca yasinan oleh warga Arsyad Family yang sempat hadir jumat sambil membawa Rantang dengan makanan dam masakan ala Cerenti untuk makan bersama (makan basamo) diakhir acara yasinan.

Esok harinya saya bersiilaturahmi ke rumah  para dunsanak Arsyad Family, antara lain di Desa Kompe Berangin, bersua dengan  uwo Hj Rusmani Arsyad, di rumah anaknya Dian Mustafa, kemudian diteruskan ke desa Sikakak, untuk ketemu anak dan kmd onga Isyar  Arsyad dan Marzuki Arsyad.

Pada malamnya bersilaturahmi dengan onga Upri Arsyad. Pagi dan sore harinya berbabual-bual minum kopi di kedai kopi bersama-sama kawan-kawab di pasar Cerenti.

Sedangkan acara pemberian sumbangan sembako kepada lk 80 omak-omak dan jando-jando miskin-guru mengaji, marbot masjid, juga mengundang pak Kades dan BPDes, acara penyerahan bantuan sembako untuk kaum dhuafa bertempat di halaman kantor Yayasan Arsyada Cerenti Madani, yang berdiri 2021.

Alhamdulillah berjalan lancar. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan rezeki untuk berbagi dari keluarga Arsyad Family. Salam buat keluarga di Tpi City Kepulauan Riau. Syukron barakallah.
Wassalam

====✅✅✅

Penulis:
Dr.Ir.H.Apendi Arsyad, M.Si
(Dosen dan Pendiri Universitas Djuanda Bogor, Pendiri dan Wasek Wankar MPP ICMI merangkap Ketua Wanhat MPW ICMI Orwil Khusus Bogor, Konsultan K/L negara, Pegiat dan Pengamat Sosial)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles