28.6 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Anak-anak Pasirgintung Diperkenalkan Adab dan Moral

Renungan Malam Jelang Rangkaian Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Nanggung l Jurnal Bogor
Warga Kampung Pasirgintung RT 03 RW 04 Desa Batutulis, Nanggung, Kabupaten Bogor menginisiasi kemah dan renungan malam yang diikuti anak-anak usia belia di Lapangan Pemersatu.

Acara yang digelar jelang rangkaian Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2023 ini untuk memperkenalkan adab dan moral kepada puluhan anak-anak warga Kampung Pasirgintung.

Salah satu tokoh masyarakat, Rivan yang memberi materi renungan malam menjelaskan, anak-anak usia emas harus diarahkan ke hal-hal positif dan diperkenalkan adab dan moral.

“Kami ajak anak-anak berpikir jernih karena anak ibarat lebaran kertas kosong, tergantung bagaimana kita cara  mengisinya pada lembaran kertas itu. Sejauh ini, mau diarahkan kemana anak-anak kita. jangan sampai  anak-anak ketergantungan yang semakin menggeliatnya teknologi,” jelas Rivan kepada Jurnal Bogor.

Rivan yang akrab dipanggil Aki itu menjelaskan, pertama yang harus diketahui anak-anak adalah nilai- nilai agama, kemudian wawasan kebangsaan.

“Begitu juga pendidikan kultural penting disampaikan. Kenapa? agar kedepan anak dapat mengenal budaya sendiri yakni  sebagai orang Sunda,” ungkapnya.

Menurutnya, ketika pendidikan agama, wawasan kebangsaan dan pendidikan kultural diterapkan, nantinya akan  terjadi keseimbangan dan mewarnai kehadirannya ditengah-tengah masyarakat.

Sementara adanya perkemahan, dia menyebutnya bagian dari sekolah alam artinya tidak harus melulu pendidikan formal.

“Pendidikan non formal pun bisa dilakukan dimana, saja salah satunya bagaimana kita bisa menyatu dan berbaur dengan alam sekitar,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles