26.6 C
Bogor
Sunday, April 28, 2024

Buy now

spot_img

Ciptakan Lingkungan Sehat, Komite Sekolah Gandeng SMPN 16 Gagas Lomba Kebersihan

jurnalinspirasi.co.id – Ada banyak cara untuk membangun kesadaran siswa terhadap pentingnya kebersihan lingkungan, salah satunya dengan menyelenggarakan Lomba Kebersihan Antar Kelas. Seperti yang digagas oleh Komite Sekolah SMP Negeri 16 Kota Bogor pada Jumat (20/10).

Ketua Komite Sekolah SMPN Negeri 16, Jon Suwardi mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh 27 kelas dengan total siswa mencapai 939 itu bertujuan untuk membangkitkan kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui kebersihan lingkungan.

“Kalau lingkungan tidak bersih, kami khawatir akan menimbulkan penyakit seperti malaria dan demam berdarah. Karena itu, kami ingin menanamkan kepada siswa bahwa kebersihan itu penting,” ujar Jon kepada wartawan, Jumat (20/10).

Jon mengatakan, untuk memotivasi siswa pihaknya memberikan hadiah berupa makanan ringan yang dapat dinikmati setiap siswa di setiap kelas. Sementara untuk kelas terbaik akan diberi hadiah menarik dan piala bergilir.

“Selain kategori kelas terbaik ada juga wali murid terbaik. Rencananya lomba kebersihan ini akan dilaksanakan per tiga bulan sekali, dan akan ada evaluasi per dua pekan sekali,” jelas Jon.

Tak hanya ditanamkan soal pentingnya kebersihan, kata dia, para siswa juga diberi pengetahuan tentang tanaman apotek hidup. “Para siswa juga diajak menanam tanaman apotek hidup. Ada 10 jenis yang ditanam, sesuai dengan arahan Ibu Ketua Tim Kebersihan Primanita Sukma,” katanya.

Kegiatan ini, kata Jon, terselenggara berkat adanya sinergitas antara komite dan pihak sekolah. “Karena adanya sinergitas, kita dapat menyelenggarakan giat ini. Mudah-mudahan dapat dicontoh oleh sekolah lain,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 16, Ahmad Bukhori mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh komite, sebab dengan adanya lomba kebersihan lingkungan sekolah akan lebih bersih dan enak dipandang.

“Sebenarnya aksi bebersih sudah dilakukan setiap pekan sekali melalui Jumat bersih (jumsih). Tetapi kita dibantu oleh komite, tentu hasilnya akan lebih baik lagi. Insya Allah dengan adanya sinergitas ini, kondisi lingkungan sekolah akan semakin baik,” kata Ahmad Bukhori.

Lebih lanjut, Bukhori mengaku setuju apabila kegiatan tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan. “Kami sangat setuju, kalau kegiatan ini dilaksanakan setiap tiga bulan sekali,” ucapnya.

Ia berharap, sinergitas antara sekolah dan komite dapat terus terjalin, sehingga dapat membangun dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.* Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles