28.6 C
Bogor
Monday, May 13, 2024

Buy now

spot_img

Manfaatkan Lahan Eks HGU, KWT di Nanggung Tanam Sayur-mayur

Pemdes Nanggung Akan Support KWT Melalui Dana Desa

Nanggung l Jurnal Bogor
Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Sinar Harapan di Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor manfaatkan lahan tidur eks HGU untuk bercocok tanam aneka sayuran.

Kepala Desa Nanggung Ahmad Sodik mengatakan diawali swadaya yang dilakukan KWT menjadikan lahan lebih produktif. Dari 7 hektare eks HGU, sekitar 1,5 hektare ditanami kopi, dan selebihnya holtikultura serta sayur-mayur seperti kangkung, sawi dan bayam.

“Kalau pertanian kopi dilakukan masyarakat secara mandiri. Adapun Pemerintah Desa, hanya membantu label serta pengemasan. Kedepan pengelolaan kopi tersebut akan disiapkan mesin roster untuk  pengeringan,” kata Ahmad Sodik Kepada Jurnal Bogor, Kamis (5/10/2023).

Dia menjelaskan, lahan yang dimanfaatkan tersebut berada di Kampung Dukuh Kawung dan kedepan KWT  akan disupport melalui program ketahanan pangan dengan anggaran dana desa.

Kades Nanggung menjelaskan, progres program ketahanan pangan tahun 2022 hingga 2023 terdapat  peternakan ayam petelur, budidaya kambing, ikan lele, nila serta ikan mas. Kedepan mimpi Desa Nanggung menjadikan desa  mandiri.

“Nanggung memiliki label desa maju. Pencirinya salah satunya punya aset 150 juta dalam bentuk bangunan harta tidak bergerak yang dikelola Bumdes Gerbang Mas. Serta memiliki outlet pengrajin bambu ukir begitu juga kursi tenda yang dapat dikelola menjadikan nilai ekonomi,” jelasnya.

Tak hanya pembinaan para KWT, lahan hutan dibawah kawasan milik  Perhutani diharapkan bisa digali serta dikembangkan dengan melibatkan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

“Dengan mengaktifkan dan menjaga kearipan lokal akan bekerjasama dengan Perhutani untuk menggali potensi di kawasan hutan tersebut,” harapnya.

Sementara anggota Polhut yang berkantor di Jasinga, Simon mendukung wacana Pemerintah Desa menggali potensi dengan pemanfaatan kawasan hutan Perhutani.

“Namun sebelum dikerjasamakan ada prosedur yang harus dijalankan, akan dikomunikasikan dengan pimpinan,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles